Hepatitis C merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. penyakit hepatitis C di sebabkan oleh virus hepatitis C ( HCV) Sayangnya gejala hepatitis C ini sulit di identifikasi. Biasanya penderita tidak akan menunjukkan gejala hepatitis C apapun. Hepatitis C baru akan terlihat ketika penderita sudah berada dalam titik kronis. Itulah sebabnya mengapa banyak penderita hepatitis C yang tidak bisa tertolong lagi karena memang sudah terlambat untuk menanganinya.

Cara ampuh yang bisa digunakan seseorang untuk mengetahui apakah dia terserang hepatitis C atau tidak adalah dengan memeriksakan diri ke laboratorium dan melakukan serangkaian tes berkenaan dengan penyakit tersebut. Namun demikian, sebenarnya kita bisa mendeteksi sendiri gejala hepatitis C itu sebagai langkah awal untuk mengenali penyakit ini dan gejala hepatitis C yang ditimbulkannya.

Di bawah ini beberapa gejala hepatitis C yang bisa kita identifikasi sejak dini, yaitu:

1. Gejala hepatitis C yang pertama adalah mudah lelah dan capek. Bila orang normal pada umumnya tidak akan merasa capek ketika melakukan kegiatan tersebut, maka tidak begitu dengan orang yang memiliki gejala hepatitis C. Untuk kegiatan yang tidak terlalu berat saja, seseorang yang memiliki gejala hepatitis C akan langsung mengalami kelelahan luar biasa.

2. Gejala hepatitis C berikutnya adalah kurang atau tidak adanya nafsu makan. Sebenarnya, berkurang atau tidak adanya nafsu makan bisa dikatakan normal bila hal ini tidak berlangsung dalam jangka waktu lama. Toh, banyak juga di antara kita yang mungkin sering mengalami rasa enggan untuk makan. Namun, bagi seseorang yang memiliki gejala hepatitis C tidak adanya nafsu makan sangat terlihat jelas dan berlangsung terus menerus.

3. Gejala hepatitis C yang ketiga adalah warna urine menjadi lebih pekat atau gelap. Bila hal tersebut terjadi, maka, sudah seharusnya penderita segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Gejala hepatitis C yang keempat adalah sakit perut. Meskipun dalam kondisi normal, sakit perut dikatakan sebagai gejala yang wajar, namun bagi seseorang yang memilikhepatitis Ci gejala hepatitis C tidak demikian. Sakit perut yang dialami oleh seseorang yang memiliki gejala hepatitis C terasa sangat hebat dan dalam jangka waktu yang lama tak hanya sehari dua hari.

5. Gejala hepatitis C yang ke lima adalah warna kulit dan bagian putih mata cenderung berubah menjadi kuning. Gejala hepatitis C tersebut memang hanya terjadi pada beberapa kasus, tetapi jika kita melihat terjadinya perubahan pada warna kulit dan bagian putih mata seseorang, kita harus waspada bahwa itu bisa jadi merupakan gejala hepatitis C yang memerlukan pengobatan lebih lanjut.

Bila dilihat dari beberapa gejala hepatitis C yang telah disebutkan di atas bisa terlihat bahwa gejala hepatitis C memang hampir sama dengan sakit biasa. Mungkin hal itulah yang menyebabkan banyak penderita penyakit hepatitis C tidak menyadari bahwa ia terserang virus hepatitis C. Gejala-gelaja yang telah disebutkan di atas memang banyak diremehkan orang. Toh hanya gejala seperti itu, paling sehari dua hari juga sudah hilang.

Padahal, tak seharusnya kita meremehkan gejala-gejala seperti di atas. Sudah seharusnya bila kita peka terhadap kondisi tubuh kita termasuk dalam hal mendeteksi adanya sesuatu yang tidak biasa, gejala hepatitis C misalnya. Mengingat penyakit hepatitis adalah penyebab kematian, maka kita wajib mengetahui gejala-gejala hepatitis termasuk gejala hepatitis C. Toh, bila bukan kita yang peduli dengan kesehatan kita, siapa lagi yang mau peduli. Jadi, tak ada salahnya bila kita cermat sejak dini terhadap gejala hepatitis C. Dengan mendeteksi sejak dini, kemungkinan untuk mendapatkan pengobatan yang baguspun bisa kita dapatkan.

Komentar Seputar Waspadai Gejala Hepatitis C

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close