AIDS merupakan penyakit mematikan yang merupakan momok bagi seluruh lapisan masyarakat di dunia. AIDS merupakan kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS merupakan sebuah penyakit dimana penderitanya akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh secara terus menerus dan akhirnya virus akan terus menginfeksi sampai penderitanya benar-benar tidak bisa bertahan lagi dan apabila tidak ditangani secara serius, gejala yang timbul akibat virus HIV ini akan semakin menjadi-jadi. AIDS pertama kali diketahui sekitar awal tahun 1980-an. Hingga saat ini sekitar 33 juta orang di dunia mengidap penyakit AIDS. AIDS disebabkan oleh sebuah virus yang bernama Virus HIV.

Virus HIV akan secara terus menerus menyerang sel-sel kekebalan tubuh manusia. Saat virus HIV menyerang sel-sel kekebalan ini, tubuh akan menjadi lebih mudah untuk terinfeksi virus dan tubuh akan kehilangan kemampuan alaminya untuk menyerang virus ini. Bagaimana gejala orang yang terjangkit virus HIV? Seseorang didiagnosa mengidap AIDS apabila penderitanya mengalami “opportunistic infection”. Mengapa disebut demikian? Hal ini karena virus HIV akan menyerang saat kekebalan tubuh mulai melemah dan virus berkesempatan untuk menginfeksi tubuh manusia. Tubuh mempunyai sejenis sel kekebalan tubuh yang bernama sel CD4. Seseorang dinyatakan mengidap penyakit HIV AIDS jika jumlah sel ini mengalami penurunan pada level tertentu.

Orang dengan virus HIV AIDS akan berusaha mencari banyak jalan untuk mengobati penyakitnya dengan mengambil beberapa alternatif pengobatan. Akan tetapi selama pengobatan-pengobatan yang mengaku dapat menyembuhkan Virus HIV tanpa adanya bukti otentik dan objektif dengan hasil laboratorium, tentunya anda cukup cerdas untuk mempercayainya atau tidak. Penurunan jumlah virus HIV, kenaikan jumlah CD4 dan reaktif atau non reaktif nya seseorang hanya dapat dibuktikan dengan hasil laboratorium, tidak dengan hanya menduga-duga atau perasaan semata. penyakit HIV AIDS ataupun virus-virus penyakit menular seksual lainnya dalam tubuh tidak dapat diobati dengan mantra-mantra atau tenaga dalam dan atau transfer energi dari satu pihak ke pihak lain (contohnya penyakit seseorang ditransfer/pindahkan ke hewan/kambing). Pengobatan-pengobatan semacam ini sudah sangat diluar nalar logika, bahkan apabila ditelaah berdasarkan agama Islam, pengobatan semacam ini mendekati ke tahap musyrik.

Kita tidak perlu menghindari penderita penyakit Virus HIV. Penyakit ini tidak akan menular hanya dengan bercakap-cakap, berpelukan, batuk, bersin, kolam renang, dan bahkan air liur. Cara yang lebih tepat agar kita terhindar dari penyakit AIDS adalah tidak melakukan hubungan seks bebas dengan banyak orang karena Virus HIV bisa menular melalui hubungan langsung dengan penderitanya. Virus HIV juga bisa menular melalui transfusi darah, jarum suntik, dan air susu ibu. Virus HIV tidak bisa menular melalui udara karena virus ini tidak bisa bertahan diluar tubuh manusia. Jadi tidak perlu khawatir akan ketularan jika Anda mempunyai seorang teman, saudara, atau tetangga yang terjangkit virus HIV. Jangan kucilkan mereka. Mereka sudah cukup menderita dengan penyakit tersebut. Kita tidak perlu menambah beban mereka dengan mengucilkannya dari pergaulan. Selama Anda tidak berhubungan secara langsung dengan penderitanya, maka Anda tidak akan tertular virus HIVvirus HIV tersebut. Selalu jagalah kebersihan diri. Cuci tangan setelah melakukan pekerjaan yang membuat tangan kita kotor atau kalau perlu mandilah setelahnya. Biasakan untuk tidak berbagi barang-barang yang seharusnya dipakai sendiri seperti sikat gigi dan alat cukur. Dengan begitu, kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang ditularkan melalui darah.

Virus HIV juga dapat menular melalui kandungan. Misalnya si ibu adalah orang dengan penderita penyakit HIV AIDS, maka kemungkinan besar anaknya juga akan terjangkit virus tersebut. Saat tubuh seseorang terserang virus HIV, kemungkinan orang tersebut untuk menderita banyak penyakit lain semakin besar, karena sistem yang biasanya bekerja untuk menangkal serangan berbagai penyakit sudah semakin melemah dan akhirnya banyak penyakit-penyakit lain dapat dengan mudah menginfeksi tubuh penderitanya.

Komentar Seputar Virus HIV

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close