Seringkali bau mulut bikin kita tidak percaya diri, karena kita sering merasa khawatir bau mulut kita tercium ketika kita berkomunikasi dengan seseorang. Rasa malu pasti langsung menghinggapi ketika orang lain mencium bau mulut kita yang kurang sedap. Karena itu, kita harus lebih pintar menjaga kesehatan mulut agar nafas yang dihasilkan mulut bisa lebih segar.

Semua orang pasti setuju bahwa nafas tak sedap adalah hal yang sering membuat jengkel, memalukan dan merusak suasana saat berkomunikasi dengan orang lain. Saat ini, tidak kurang dari 90 juta orang mengidap kelainan bau mulut kronis atau juga dikenal dengan istilah halitosis.

Penyebab bau mulut inipun berbagai macam, ada yang diakibatkan oleh bakteri, ada juga yang diakibatkan makanan seperti petei atau jengkol misalnya. Atau bisa juga disebabkan oleh cara menyikat gigi Anda yang tidak benar, sehingga masih tersisa makanan dan kuman yang menempel di sela-sela gigi.

Jika Anda mengalami problem bau mulut, berikut adalah tip-tip mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya :

  1. Jangan biarkan lidah Anda seperti karpet kotor

Bau mulut seringkali menyerang ketika orang tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Aroma tak sedap biasanya timbul akibat pembusukan remah atau sisa-sisa makan an yang terjebak dalam gigi Anda. Itulah sebabnya mengapa menyikat gigi dan flossing secara teratur sangat penting bagi kesehatan gigi dan mulut.

Tapi ada yang tak boleh dilupakan adalah menyikat lidah untuk membersihkan bakteri. Lidah adalah organ yang secara mikroskopik seperti halnya sebuah karpet. Ada jutaan filamen dalam lidah yang dapat membuat partikel, bakteri dan sisa-sisa makan an terjebak. Dengan membersihkan lidah secara teratut menggunakan sikat, sendok atau pembersih khusus lidah, bakteri penyebab nafas busuk dalam mulut akan berkurang.

Menggunakan penyegar mulut atau mouthwash juga bukan ide yang buruk, tetapi langkah ini hanya bersifat sementara. Memilih penyegar mulut sepertinya lebih praktis sebelum Anda makan malam dengan sang kekasih. Tetapi upaya ini hanyalah menyamarkan aroma bau mulut saja, tanpa mengatasi masalah Anda yang sebenarnya.

  1. Gunakan kayu manis

Sebuah riset terbaru di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengatasi masalah bau mulut. Tidak seperti bahan lainnya, kayu manis tidak hanya menyamarkan aroma yang tak sedap. Rempah alami ini juga mengandung zat yang tampaknya dapat menurunkan konsentrasi bakteri di dalam mulut. Oleh karena itu, hindarilah permen karet yang mengandung gula karena justru akan merusak gigi, tetapi pilihlah permen karet tanpa gula dengan aroma kayu manis.

  1. Minum air lebih banyakgambar bau mulut

Para ahli mengindikasikan, semakin tua usia seseorang akan semakin rentan mengalami dehidrasi. Anda mungkin tidak pernah sadar jika Anda kehausan dan tubuh memerlukan lebih banyak cairan. Maka dari itu, biasakanlah minum secara teratur karena meminum air akan menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, minum air secara teratur juga membuat Anda lebih segar dan sehat.

  1. Atasi penyebab lainnya

Meski kebanyakan bau mulut dapat diatasi dengan langkah mudah dan pola hidup yang higienis, ada kalanya bau mulut juga disebabkan masalah gigi atau penyakit lain yang sangat jarang. Datanglah ke dokter gigi jika bau busuk dalam mulut Anda menetap dan tak kunjung hilang.

Dokter akan memeriksa kemungkinan terjadinya gigi berlubang, gigi busuk, atau bahkan masalah gusi yang menyebabkan mulut menjadi tak sedap. Bila bau mulut Anda penyebabnya tidak jelas, ini dapat menjadi sinyal atau pertanda adanya problem kesehatan yang lebih serius.

Kasus yang jarang ini, bisa jadi merupakan indikasi adanya penyakit dalam seperti gangguan lambung / gastritis bahkan bisa saja infeksi, gagal ginjal atau liver.

  1. Gunakan water pick

Anda tidak bisa membersihkan dengan sempurna seluruh mulut dengan hanya mengandalkan sikat gigi. Menggunakan sejenis alat penyemprot khusus gigi yang disebut water pick, Anda bsia memberihkan semua bagian mulut, gusi dan sela-sela di antara gigi Anda. Jika sisa-sisa makan an menempel di antara gigi dan sikat tak bisa mencapainya, makan an itu akan membusuk dan baru akan tersapu bila Anda melakukan flossing. Dengan alat ini, Anda tak perlu menunggu hingga makanan membusuk.

Komentar Seputar Tips Mengatasi Bau Mulut

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close