Pernahkah anda sebagai wanita merasakan gatal-gatal di daerah vital. Mungkin saja anda sedang terserang penyakit kelamin wanita. Bagaimana ciri-cirinya? Apa yang menyebabkan dan bagaimana cara menanggulanginya?

1. Kurang menjaga kebersihan organ vital

Penyakit kelamin wanita bisa disebabkan karena wanita kurang bisa menjaga kebersihan organ vitalnya. Sudah seharusnya bila kita sebagai wanita menjaga kebersihan organ vital kita karena organ vital adalah daerah yang paling sensitif. Kita bisa menghindari penyakit kelamin wanita tersebut dengan selalu menjaga kebersihan misalnya dengan membersihkannya secara berkala.

Kisah mantan pasien HPV Balai Pengobatan Tradisional Ny.Djamilah Najmuddin

Kisah mantan pasien HPV Balai Pengobatan Tradisional Ny.Djamilah Najmuddin

2. Berganti-ganti pasangan

Berganti-ganti pasangan juga bisa menyebabkan penyakit kelamin wanita. Wanita yang berprofesi di tempat-tempat hiburan biasanya memiliki kerentanan terhadap penyakit kelamin wanita karena biasanya mereka “bergaul” dengan banyak orang. Berganti-ganti pasangan menimbulkan resiko terkena penyakit menular seksual diantaranya; penyakit kelamin herpes, penyakit kutil kelamin yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV), hingga penyakit HIV AIDS

3. Faktor makanan

Faktor makanan bisa juga menyebabkan kita terkena penyakit kelamin. Misalnya saja keputihan, bisa terjadi karena kita gemar mengkonsumsi makanan di pinggir jalan yang higienitasnya dipertanyakan, semisal bakso. Sekalipun hal tersebut kemungkinannya tidak terlalu besar namun tetap saja ada.

4. Ketularan pasangan

Bisa juga seorang wanita terserang penyakit kelamin wanita karena ketularan pasangannya (suami). Itu sebabnya, bila memang sudah tahu pasangannya menderita penyakit kelamin, seharusnya wanita tersebut menyuruh pasangannya memakai pengaman sebelum berhubungan. Alangkah baiknya, ‘puasa’ dulu berhubungan badan sampai pasangannya tersebut sembuh dari penyakit kelamin yang dideritanya. Hal ini dianjurkan karena resiko tertular penyakit kelamin dari pasangan masih tinggi walaupun dalam berhubungan menggunakan pengaman (kondom).

Penyakit kelamin wanita tak bisa dianggap remeh apalagi dipandang sebelah mata, karena bagaimanapun juga bila seorang wanita sudah terjangkit penyakit kelamin wanita, biasanya hal tersebut akan berpengaruh pada pasangannya. Berapa banyak pasangan suami istri yang pada akhirnya memilih perceraian karena istrinya menderita penyakit kelamin wanita. Tak hanya itu, berapa banyak suami yang berselingkuh hanya karena istrinya menderita penyakit kelamin wanita. Tentu saja hal tersebut tak ingin terjadi pada kita.

Apa saja jenis penyakit kelamin wanita yang harus kita ketahui?

1. Keputihan

Keputihan bisa termasuk pada penyakit kelamin wanita, karena pada dasarnya keputihan bisa mengganggu kenyamanan wanita di bagian vital. Keputihan yang masih wajar tak membutuhkan penanganan khusus. Namun, bila keputihan sudah parah, penderita harus segera memeriksakan diri ke ahli pengobatan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan khusus.

penyakit kelamin wanita

penyakit kelamin wanita

2. HIV AIDS

penyakit HIV AIDS tak hanya bisa menyerang wanita namun juga bisa menyerang pria. Penyakit kelamin wanita bernama HIV AIDS adalah penyakit kelamin yang sangat berbahaya karena dapat membuat penderitanya kehilangan imunitas tubuh yang berujung kepada kematian. Jumlah penderita penyakit HIV AIDS dari waktu ke waktu semakin meningkat, termasuk yang penderitanya adalah wanita.

3. Bisul

Bisul pada organ intim juga disebut sebagai penyakit kelamin wanita. Bisul ini akan menjadi besar bila dibiarkan begitu saja. Bahkan bisul yang tadinya hanya sebesar jerawat bisa berubah menjadi tumor bila tidak diobati. Parah bukan. Itu sebabnya, penting bagi seorang wanita memperhatikan kebersihan organ intimnya agar tidak terjangkit penyakit kelamin wanita.

4. Kutil Kelamin

Kutil hampir sama dengan bisul. Bentuknya seperti jerawat dan biasanya berada di daerah luar organ intip. Bila dipencet, kutil ini biasanya akan mengeluarkan nanah. Kutil harus segera kita obati biar tidak membesar. jenis penyakit kelamin wanita ini disebakan oleh human papiloma virus ( HPV ), yang dimana apabila tidak ditanggulangi dengan segera beresiko menjadi penyakit kanker serviks.

5. Kutu Kelamin

Sama hal nya seperti kutu rambut, kutu pada organ intim juga termasuk dalam penyakit kelamin wanita. Biasanya kutu ini akan menyerang organ intim wanita yang tidak terawat dengan baik.

Penyakit kelamin wanita disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:
Penyakit kelamin wanita bisa berakibat pada kurang percaya diri pada wanita. Betapa tidak, bila sebelumnya seorang wanita tidak memiliki masalah terhadap organ vitalnya, sekarang wanita menjadi memiliki masalah. Untuk menghindari penyakit kelamin wanita hendaknya setiap wanita menjaga kebersihan organ vitalnya. Tak hanya menjaga kebersihan secara fisik namun juga psikis. Menjaga kebersihan secara psikis misalnya dengan memilih pasangan yang benar dan beriman. Jangan sembarangan dalam memilih pasangan bila kita tidak ingin terserang penyakit kelamin. Selain itu, berhati-hatilah dalam bergaul karena bisa saja kita tertular penyakit kelamin dari teman bergaul kita.

Komentar Seputar Seputar Penyakit Kelamin Wanita

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close