Minyak esensial dalam buku The Encyclopedia Of Complementary Medicine, The Complete Family Guide To Alternative Health Care disebutkan bahwa merupakan zat serbaguna. Molekul yang dilepaskan ke udara adalah sebagai upa air. Ketika uap air yang mengandung komponen kimia tersebut dihirup. Akan diserap tubuh melalui hidung dan paru-paru yang kemudian masuk ke aliran darah.

Bersamaan saat dihirup itu, uap air akan berjalan dengan segera ke sistem limbik otak yang bertanggung jawab dalam sistem integrasi dan ekspresi perasaan, belajar, ingatan, emosi, serta rangsangan fisik. Kala digunakan sebagai aplikasi di luar tubuh, minyak esensial bermanfaat dalam menyeimbangkan kondisi kulit, seperti juga otot dan organ bagian dalam.

Yang perlu diingat, minyak esensial tidak bersifat menyembuhkan seperti layaknya obat-obat kedokteran, tetapi dapat merangsang proses penyembuhan alami tubuh, menaikkan keseimbangan dan keselarasan dari energi yang tak kentara pada pikiran dan tubuh. Terapi aroma menawarkan hasil terbaik bila digunakan secara konsisten dan disertai dengan gaya hidup sehat secara menyeluruh.

Campur Pelarut

Minyak esensial biasanya dilarutkan dengan zat pelarut seperti minyak sayur, lotion, atau yang lainnya. Untuk memijat, minyak esensial sebaiknya dicampur dengan minyak pelarut berkualitas tinggi.

Banyak minyak yang cocok digunakan sebagai minyak pelarut. Minyak almond berperan sebagai minyak pelarut yang ideal karena ringan, tidak berbau, dan baik. Saat diaplikasikan pada kulit, minyak akan diserap dan dibawa ke jaringan otot, sendi dan organ tubuh lainnya.

Minyak esensial adalah konsentrat yang umumnya merupakan hasil penyulingan dari bunga, buah, semak-semak, dan pohon. Sayangnya, untuk mendapat sedikit minyak esensial diperlukan bahan yang cukup banyak.

Denis Rowley dalam buku Aromatherapy, Recipes And Remedies To Enhance Your Life menyebutkan bahwa diperlukan 60 ribu daun bunga mawar agar memperoleh 30 ml minyak bunga mawar. Lalu, untuk menghasilkan 3 kg minyak lavender diperlukan 100 kg lavender.

Minyak esensial sangat efektif dan bermanfaat saat dihirup atau digunakan pada bagian luar. Indra penciuman berhubungan dekat dengan emosi manusia. Saat aroma dari minyak esensial dihirup, tubuh akan memberikan respon psikologis.

Penggunaan minyak esensial tidak boleh terlalu banyak. Dosis yang terlalu besar dari minya esensial bisa bersifat racun. Untuk itu, dosisnya harus sesuai dengan panduan. Contohnya, bila pada resep diminta hanya tiga tetes minyak esensial, jangan berpikiran kalau ditambahkan hingga enam tetas akan mendapat manfaat dua kali lipatnya.

Perlu diingat bahwa minyak esensial yang digunakan mesti 100 persen asli. Bukan aroma wangi-wangian atau esens. Beli minyak esensial dari produsen maupuan merek yang terpercaya. Jangan takut bertanya bila ingin memastikan minyak esensial yang diinginkan.

Minyak Esensial Untuk Keperluan Sehari-Sehari

Penggunaan minyak esensial tak selalu untuk pemijatan atau merendam tubuh. Ada beberapa cara menggunakan minyak esensial yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang disebukan Denis Rowley dalam buku Aromatherapy, Recipes And Remedies To Enhance Your Life.

Bathtub
Isi bathtub dengan air hangat. Tambahkan 4-5 tetes minyak esensial dan aduk-aduk guna melarutkan minyak tersebut. Rendam tubuh sedikitnya selama 10 menit.

Rendam Kaki
Tambahkan 4-6 tetes minyak esensial dalam mangkuk besar berisi air hangat. Masukkan kaki dalam air tersebut selama 15 menit.

Mandi Dengan Pancuran
Tempatkan 4 tetes minyak esensial pada gelas kosong berukurang 100 ml. Saat berada di bawah air pancuran, isi botol dengan air hanya dan gosok campuran tersebut pada kulit. Pilihan lain, tambahkan 4 tetes minyak esensial pada spons dan gosok di kulit saat berada di bawah air pancuran.

Kompres
Tambahkan 3-6 tetes minyak esensial pada setengah liter air. Masukkan handuk kecil pada air tersebut dan peras. Lalu, letakkan handuk tersebut pada wilayah yang diinginkan. Bisa juga untuk mengompres wajah dengan menambahkan 2 tetes minyak esensial pada satu mangkuk air hanya. Masukkan kain atau handuk kecil pada air larutan dan peras. Letakkan pada wajah selama beberapa menit. Ulangi cara tersebut selama tiga kali.

Hirup
Isi sebuah mangkuk dengan air hanya. Tambahkan 3-6 tetes minyak esensial. Dengan posisi kepala berada di atas mangkuk, tutup kepala dengan handuk. Secara perlahan, hirup aroma yang keluar dari mangkuk tersebut.

Pijat
Campur minyak esensial yang telah dipilih dengan minyak pembawa. Campuran yang biasa adalah 5 tetes minyak esensial untuk setiap 10 ml minyak pembawa.

Parfum
Campur 2-3 tetes minyak esensial yang berbeda dengan minyak jojoba untuk menciptakan parfum buatan sendiri

Lilin
Nyalakan lilin dan tunggu hingga mulai meleleh. Tambahkan 1-2 tetes minyak esensial pada liliat hanya. Karena mudah terbakar, sebaiknya ngan sampai terkena api.

Lampu Neon
Teteskan 1-2 minyak esensial pada lampu neon sebelum dinyalakan. Karena muda terbakar, jangan meneteskan minyak esensial saat lampu sudah menyala.

Sapu Tangan
Cipratkan satu tetes minyak esensial pada tisu atau sapu tangan. Hirup kala diperlukan

Spray
Isi botol spray kosong yang bersih dengan air dari sumber mata air. Tambahkan 3-4 tetes minyak esensial. Semprotkan campuran tersebut untuk mengharumkan ruangan, memelihara kesegaran wajah dan tubuh.

Pembakar Terapi
Gunakan alat pembakar terapi untuk terapi aroma. Isi mangkuk dengan air dan nyalakan lilin di bawah mangkuk tersebut. Tambahkan 6 tetes minyak esensial dalam air tersebut.

Pengharum Ruangan
Tambahkan 6 tetes minyak esensial pada mangkuk kecil berisi air hanya. Letakkan mangkuk di meja atau sudut ruangan biarkan aroma wanginya menyebar ke seluruh ruangan.

Yang Boleh Dan Tidak

Sebaiknya…

*) Hanya gunakan minyak esensial 100 persen asli. Memang lebih mahal ketimbang wangi biasa atau esens, tetapi akan memberi efek yang lebih baik.

*) Beli minyak esensial dari produsen atau merek yang terpercaya. Beberapa department store maupun toko yang biasa menjual terapi aroma juga menyediakan alat pembakar dan minyak pelarut, selain minyak esensial sebagai kelengkapan terapi aroma.

*) Biarkan hidung anda menjadi pemandu untuk minyak esensial yang diinginkan. Hidung juga akan minyak esensialmengantarkan Anda bila produk yang dibeli benar-benar asli atau sintesis.

*) Selalu konsultasi terlebih dulu dengan ahli pengobatan bila sedang dalam perawatan khusus atau bila ada gejala tertentu.

*) Banyak minum air putih saat menggunakan minyak esensial. Sebagai sistem pembersihan, membantu minyak bekerja lebih efektif.

*) Jaga agar ruangan mempunyai sirkulasi udara yang baik saat menggunakan minyak esensial.

*) Jauhkan botol atau mangkuk berisi minyak esensial dari jangkauan anak-anak.

*) Simpan minyak dalam botol kaca berwarna gelap.

*) Jauhkan minyak esensial dari mata.

*) Simpan minyak esensial dengan baik. Bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif atau sedang sakit, gunakan minyak esensial setengahnya saja dari yang disarankan.

*) Saat menggunakan minyak yang tidak dilarutkan pada kain atau pakaian, hindari kontak langsung dengan kulit. Mudahnya, saat menggunakan lavender untuk membantu tidur, teteskan satu tetes minyak esensial pada bagian ujung bantal ketimbang di bagian tengahnya.

*) Selama hamil, gunakan minyak esensial yang lebih lembut, seperti melati, lavender, mawar, charmomile, jeruk mandarin dan grapefruit.

Jangan…

*) Menggunakan minyak yang tidak dilarutkan pada kulit.

*) Tergoda menambahkan beberapa tetes lagi guna memperoleh hasil yang lebih baik. Minyak esensial akan bersifat racun bila dosisnya berlebihan.

*) Memakai minyak pada kulit merah yang belum terdiagnosis.

*) Minum minyak esensial.

*) Melakukan diagnosis sendiri terhadap penyakit serius.

*) Meninggalkan minyak yang mudah dijangkau oleh anak-anak.

*) Menggunakan minyak esensial seperti kayu manis, basil, thyme, cengkih, sage, savory, juniper dan rosemary pada wanita hamil.

Beberapa Jenis Minyak Esensial

LAVENDER
Menurut Denise Rowley, setiap rumah selayaknya memiliki satu botol lavender karena lavender merupakan salah satu minyak esensial yang serbaguna dan menyenangkan. Aroma yang ditimbulkan menyegarkan. Bermanfaat membantu proses penyembuhan dan mencegah luka, menjadi obat pertolongan pertama, mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, membuat rileks, menghilangkan mual, muntah, dispepsia, membantu pengobatan asma, bronkitis, psoriasis, dan eksim. Selain itu, juga membuat tenang pikiran, keselarasan, dan menurunkan depresi.

LEMON
Bisa bercampur dengan baik dengan banyak minyak lainnya. Memberi rasa segar dan aroma yang cukup tajam. Bermanfaat untuk membersihkan paru-paru, mengurangi gigitan serangga dan sakit kepala, merangsang sistem limfa dan pencernaan. Juga berguna menyegarkan pikiran, menurunkan depresi, dan mendorong emosi.

EUCALYPTUS
Minyak eucalyptus berkhasiat dan serbaguna. Itu sebabnya digunakan secara luas dalam bidang farmasi. Berguna dalam mengurangi rasa nyeri dan sakit, demam, migrain, pilek, maupun tersengat matahari.

BERGAMOT
Merupakan jenis minyak dengan aroma citrus dan manis yang menyenangkan. Minyak yang sangat serbaguna dan digunakan dalam industri parfum. Yang akan tercampur baik dengan hampir seluruh minyak lain. Biasa digunakan untuk cita rasa teh jenis earl grey. Bermanfaat mengurangi kram dan kolik, membantu proses penyembuhan eksim, jerawat, psoriasis, infeksi usus dan bronkitis. Juga mengurangi kecemasan dan keteganan saraf, serta bertindak sebagai antidepresan. Sebagai catatan, minyak esensial ini sebaiknya tidak digunakan tanpa dilarutkan pada kulit. Meski sudah dilarutkan, sebaiknya tidak diaplikasikan langsung pada kulit yang akan terpapar ultraviolet.

Komentar Seputar Seputar Minyak Esensial

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close