Buah sukun yang belum matang biasa dimasak sebagai sayuran. Bijinya kaya akan serat, bisa direbus atau dipanggang bila hendak dikonsumsi. Buahnya yang matang rasanya manis dan sangat beraroma.

Manfaat buah sukun: sukun (Antocarpus altilis) bersifat laksatif (urus-urus). Bagi yang punya penyakit rematik dianjurkan mandi dengan air rebusan daun sukun. Air rebusan batangnya dapat mengatasi disentri.

Di Triniad dan Kepulauan Bahama, air rebusan daun sukun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan meringankan asmbuah sukuna. Sakit tifus juga bisa diringankan dengan minum teh yang dibuat dari daun sukun yang agak tua, atau makan buah sukun tua yang dikukus.

Daun yang dilumatkan bisa menyembuhkan sariawan. Akarnya dibakar lalu ditempelkan pada kulit yang terkena infeksi. Getahnya untuk mengatasi diare dan sakit kulit. Bubuk yang dibuat dari daun sukun yang dipanggang dikembangkan untuk obat pembesaran limpa. Bunganya dijadikan obat sakit gigi dan gusi.

Kandungan Gizi buah sukun: protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, thiamin, riboflavin, niacin, arginin, sistin, asam askorbat, asam amino, dll.

Komentar Seputar Segudang Manfaat Buah Sukun

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close