Hepatitis C disinyalir sebagai salah satu penyakit ganas yang bisa menyebabkan kematian. Sampai saat ini korban dari keganasan hepatitis C terus meningkat dari waktu ke waktu. Sebenarnya, apa penyebab hepatitis C ini?

Menurut banyak sumber, penyebab hepatitis C adalah virus ganas yang mematikan. Virus penyebab hepatitis C ini masuk melalui darah pada manusia lalu berkembang biak di tubuh manusia tersebut. Penyebab hepatitis C bisa masuk ke tubuh manusia melalui perantara makanan yang dimakan manusia.

Bagaimana prosesnya?

Mungkin di antara kita, ada yang menyukai daging setengah matang. Apapun jenis dagingnya bila dimasak hanya sampai setengah matang, maka kemungkinan kita untuk terkena virus penyebab hepatitis C maupun virus jenis lainnya akan lebih besar. Melaui cara seperti itulah virus penyebab hepatitis C bisa masuk dan menginfeksi tubuh manusia. Penyebab hepatitis C selanjutnya yang bisa terjadi adalah ketika kita berinteraksi dengan penderita penyakit hepatitis C secara langsung.

Bagimana cara menghindari virus penyebab hepatitis C?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari virus penyebab hepatitis C, di antaranya adalah:

1. Tidak mengkonsumsi makanan mentah
Penyebab hepatitis C dikatakan adalah berasal dari daging yang dimasak belum terlalu matang atau hanya separuh matang saja. Untuk itu, yang bisa kita lakukan adalah usahakan untuk selalu mengkonsumsi daging yang benar-benar matang karena daging yang belum matang adalah penyebab hepatitis C. Jangan sampai karena tertarik dengan rasanya, kita sampai melupakan manfaatnya serta risikonya. Selalu ingatlah bahwa daging yang dimasak tidak sempurna bisa menjadi media penyebab hepatitis C.

2. Bila sudah tahu lawan bicara kita atau mungkin orang terdekat kita terinfeksi virus hepatitis, sebaiknya setiap kita harus waspada. Ya, lebih baik adalah mencegah daripada mengobati. Bila kita sudah mengetahui penyebab hepatitis C yang lain adalah karena tertular orang yang terserang hepatitis, maka, usahakan untuk berhati-hati dan menghindari untuk menggunakan peralatan yang sama yang digunakan oleh mereka yang terinfeksi virus penyebab hepatitis C ini untuk satu kegiatan.

3. Penyebab hepatitis C berikutnya adalah pola hidup yang tidak teratur.
Ya, pola hidup yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebab hepatitis C. Misalnya saja, jarang makan atau makan tidak teratur karena pekerjaan yang terlalu banyak dan menumpuk, jarang atau kurang istirahat lagi-lagi karena pekerjaan, serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, adalah contoh dari kebiasaan yang tidak baik yang bisa menjadi penyebab hepatitis C yang berbahaya ini.

Penyebab hepatitis C secara umum bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu: penyebab hepatitis C internal dan eksternal. Penyebab hepatitis C internal berasal dari virus yang menyerang tubuh ketika tubuh dalam kondisi tidak sehat atau lemah. Sedangkan penyebab eksternal adalah ketika seseorang tertular penyakit ini dari orang lain yang menderita hepatitis C.penyebab hepatitis C

Bila kita sudah mengetahui apa saja penyebab hepatitis C, maka sudah seharusnya kita melakukan tindakan pencegahan untuk membantu kita terhindar dari penyakit ini. Berikut beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan:

1. Hidup teratur dan seimbang mulai dari bekerja, beribadah dan beristirahat
2. Melakukan medical check up ke laboratorium atau tes kesehatan secara berkala
3. Miliki pola makan sehat. Tidak mengkonsumsi makanan dengan tingkat kematangan yang kurang atau tidak mengkonsumsi daging setengah matang.

Karena kesehatan diri kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Lebih baik mencegah daripada mengobati. mudah-mudahan dengan adanya artikel ini anda semua dapat memahami mengenai penyebab hepatitis C.

Komentar Seputar Penyebab Hepatitis C

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close