Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal, akan tetapi hanya ada dua penyakit yang umum menjadi penyebab gagal ginjal. Yang pertama adalah penyakit diabetes dan kedua adalah penyakit hipertensi. Berdasarkan data kami hingga kini, rata-rata pasien penyakit gagal ginjal pengobatan tradisional Djamilah Najmuddin sebanyak 50 % penyebab gagal ginjalmereka adalah karena sakit diabetes menahun, dan 25 % adalah penyebab gagal ginjal mereka adalah penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi).

Hasil Laboratorium Nn. Nadya (Pasien komplikasi Gagal Ginjal  dan Liver) Sebelum Berobat - 1

Hasil Laboratorium Nn. Nadya (Pasien komplikasi Gagal Ginjal dan Liver) Sebelum Berobat – 1

Hasil Laboratorium Nn. Nadya (Pasien komplikasi Gagal Ginjal dan Liver) Sebelum Berobat - 2

Hasil Laboratorium Nn. Nadya (Pasien komplikasi Gagal Ginjal dan Liver) Sebelum Berobat – 2

Ternyata, hal ini pun berlaku hampir di seluruh dunia medis. Contohnya, berdasarkan laporan badan kesehatan kota NewYork (Amerika) tahun 2010, sebanyak 43,5% penyebab gagal ginjal para pasein di rumah sakit tersebut karena diabetes dan sebanyak 15,8% disebabkan oleh penyakit hipertensi dan sisanya karena faktor-faktor lain. Kenapa penyakit diabetes dan hipertensi menjadi faktor umum sebagai penyebab gagal ginjal, kita akan bahas secara singkat.

Penyebab gagal ginjal pertama: Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit akibat dari tingginya tingkatan glukosa dalam darah, hal ini diakibatkan karena baik itu pengurangan dan atau kekuranga insulin dalam tubuh. Tingkat glukosa yang tinggi dapat mengganggu struktur dan fungsi pembuluh darah. Pasien penyakit diabetes memiliki kadar insulin yang rendah dan mengakibatkan abnormalnya metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Dengan seiringnya waktu, pembuluh darah kecil yang berada dalam organ ginjal pun akan terganggu yang mengakibatkan kerusakan pada fungsi penyaring pada organ ginjal.

Gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan rusaknya nefron ginjal anda – sistem penyaringan pada organ ginjal yang berfungsi untuk menjaga kondisi ginjal dalam tubuh. Ketika organ ginjal kita berfungsi dengan baik, maka filter ginjal (nefron) menjaga kondisi protein dalam tubuh kita. Bagaimana pun juga protein sangat penting bagi tubuh.

Kadar gula darah yang tinggi merusak sistem penyaringan tubuh kita tersebut. Dan ketika tubuh kita mengalami gagal ginjal, protein keluar dari dalam tubuh melalui air seni (urine). Ginjal yang rusak (gagal ginjal) tidak melalukan fungsinya dengan baik yaitu mengeluarkan cairan kotoran melalui urine dan menjaga kadar protein tubuh, akan tetapi hal ini terjadi sebaliknya. Protein dikeluarkan melalui urine dan limbah atau cairan kotoran tubuh mengendap dalam tubuh.

Tanda awal gejala gagal ginjal terjadi pada tubuh seseorang adalah ketika terdeteksinya albumin (protein kecil) dalam air seni kita. Kondisi ini disebut juga dengan microalbuminuria. Semakin banyaknya protein yang keluar bersama dengan air seni, maka kondisi gagal ginjal anda sudah mencapai kronik.

Hasil Laboratorium Nn. Nadya Setelah Mengkonsumsi 1 paket obat tradisional Penyakit Liver dan Gagal Ginjal

Hasil Laboratorium Nn. Nadya Setelah Mengkonsumsi 1 paket obat tradisional Penyakit Liver dan Gagal Ginjal

Berdasarkan penjelasan singkat diatas, maka sangat wajar apabila penyakit diabetes merupakan penyebab gagal ginjal yang sangat umum di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, apabila anda termasuk pengidap penyakit diabetes, jaga kondisi gula darah anda. Secepatnya hubungi ahli pengobatan penyakit diabetes adalah langkah yang bijak untuk anda lakukan. Kenapa, seperti yang telah dijelaskan diatas, diabetes merupakan penyebab umum terjadinya penyakit ginjal kronikyang dapat berujung atau mengakibatkan kematian.

Penyebab gagal ginjal kedua: Penyakit Hipertensi

Kenapa penyakit hipertensi menjadi penyebab gagal ginjal yang paling umum kedua? Akan dijelaskan secara singkat dibawah ini. Fungsi ginjal anda adalah bertindak sebagai sistem penyaring untuk menyingkirkan kelebihan air dan limbah dalam darah anda. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat merusak dapat merusak pembuluh darah dan nefron dalam ginjal anda. Nefron yang rusak tidak bisa melakukan tugasnya untuk menyaring semua limbah, natrium dan kelebihan cairan dari darah Anda. Kelebihan cairan dan natrium yang ada dalam aliran darah anda memberikan tekanan ekstra pada dinding pembuluh darah – meningkatkan tekanan darah anda hingga berlebih. Tekanan darah yang berlebih inilah yang menjadi penyebab gagal ginjal pada tubuh kita.

Demikian artikel singkat mengenai penyebab gagal ginjal ini kami sajikan, semoga bermanfaat.

4 Komentar

  1. 7-1-2012

    umur berapa biasanya gagal ginjal ?

    • 7-2-2012

      tidak ada batasan umur dalam penyakit gagal ginjal. anak-anak hingga kakek-nenek pun dapat terkena penyakit gagal ginjal ini.

  2. 8-10-2012

    buk saya ini hamil 12 minggu,bun 53,36 creatinin 2,65 DALAM USG MNUNJUKAM ADA TANDA NEFRITIS KHRONIK GIMANA BUK SOLUSINYA

    • 8-11-2012

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Mohon maaf, Obat-obatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin untuk penyakit ginjal tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

      Wassalam, Salam Sehat.
      Admin.

Komentar Seputar Penyebab Gagal Ginjal

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close