Asam urat menambah panjang rentetan penyakit yang banyak dikeluhkan. Rasa sakit di sendi menjadi hal menakutkan yang tentu saja sebisa mungkin inginnya dihindari. Salah satu cara yang bisa membuat kita terhindar dari berbagai penyakit, termasuk asam urat, adalah dengan mencari tambahan info yang bermanfaat seputar asam urat, terutama mengetahui penyebab asam urat.

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Itupun jika Anda tergolong orang yang peduli dengan kesehatan. Jika tidak begitu peduli dan menganggap masalah ini biasa saja, hal-hal yang semacam itu mungkin akan dicari ketika benar-benar sudah terjangkiti. Penyebab asam urat yang seharusnya menjadi hal awal yang diketahui, pada akhirnya bukan lagi menjadi hal yang penting.

Hal yang penting ketika sudah dalam keadaan seperti itu adalah bagaimana caranya supaya penyakit asam urat bisa sembuh. Benar, kan? Padahal, Anda pasti sudah sangat akrab dengan istilah ini “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Pencegahan terhadap suatu penyakit salah satunya adalah mengetahui penyebabnya lantas menghindarinya.penyebab asam urat

Penyebab asam urat idealnya memang menjadi sebuah acuan agar penyakit tersebut tidak menjangkiti. Ibaratnya ini adalah sebuah peta yang memberi tahu Anda arah jalan menuju ketersesatan. Secara normal, apakah lantas peta tersebut menarik? Tentu saja tidak.

Saat penyebab suatu penyakit diketahui, termasuk penyebab asam urat, tentu Anda bisa menghindarinya, bukan? Ditambah dengan penjelasan medis yang logis, hal-hal yang dapat menyebabkan asam urat pasti akan Anda jauhi sejauh-jauhnya. Karena mau bagaimana pun, tidak ada manusia yang tidak menyayangi tubuhnya.

Beberapa orang mengatakan bahwa sumber penyakit itu pusatnya ada pada perut. Artinya adalah makanan merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap muncul atau hilangnya suatu penyakit. Makanan bisa menjadi penyebab datangnya penyakit, dan ada beberapa makanan yang justru menyembuhkan penyakit. Tak berbeda jauh ketika membicarakan penyebab asam urat ini.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar penyebab asam urat adalah pilihan konsumsi bahan makanan yang tidak benar, lebih tepatnya, porsi yang tidak tepat. Penyebab penyakit seperti inilah yang kadang tidak disadari. Anda asyik mengonsumsi makanan tertentu dengan porsi banyak dan skala yang cukup sering tanpa tahu risikonya untuk kesehatan, sementara ada suatu penyakit yang tengah mengintai dan  siap mengancam kesehatan Anda.

Maka dari itu, mengontrol diri adalah juga merupakan salah satu upaya menghindari penyakit-penyakit tersebut. Makan secukupnya dan jangan kalap. Boleh mengemari makanan tertentu tapi ingat porsi dan berapa sering Anda mengonsumsi itu, karena siapa tahu, kenikmatan saat menyantap hidangan itu bisa berubah menjadi bencana.

Asam urat mungkin terdengar tidak menakutkan, tapi, apapun penyakit yang ada di dalam tubuh, hakikatnya bersifat mengganggu. Jadi, seringan apapun anggapan Anda terhadap penyakit, mencari tahu informasi terkait dengan penyakit tersebut sama sekali tidak ada ruginya. Dan informasi mengenai penyebab asam urat adalah yang dimaksud dalam tulisan ini.

Penyebab Asam Urat

Tidak akan ada asap jika tidak ada api. Begitupun dengan kemunculan suatu penyakit. Dalam hal ini penyakit asam urat. Lalu, hal apa saja yang menyebabkan itu terjadi?

1. Penyebab Asam Urat – Jumlah Purin yang Melewati Batas

Purin merupakan zat yang memiliki kandungan senyawa nitrogen, dan tentunya memiliki fungsi tersendiri dalam tubuh. Purin tergolong menjadi dua, purin yang sudah ada di dalam tubuh, dan purin yang datang dibawa oleh aneka bahan makanan. Jika asupan purin dalam tubuh melampaui batas normal, manfaat purin yang baik akan berubah predikat menjadi tidak baik. Jumlah purin yang berlebihan dalam tubuh bisa menjadi penyebab asam urat.

Jumlah purin yang banyak dan di atas batas normal akan meningkatkan kadar asam urat. Bentuk akhir dari menumpuknya asam urat adalah kristal. Kristal-kristal tersebut kemudian mengendap di persendian dan jadilah asam urat. Hal ini diperparah dengan terganggunya fungsi ginjal sebagai organ penyaring zat-zat yang masuk dalam tubuh.

Masuknya zat purin dalam jumlah banyak ke dalam tubuh disebabkan oleh konsumsi makanan berpurin tinggi. Makanan-makanan tersebut di antaranya daging, jeroan, seafood, dll. Tanpa disadari, makanan-makanan tersebut menjadi penyebab asam urat di dalam tubuh Anda. Terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Penyebab Asam Urat – Terganggunya Fungsi Ginjal

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa ginjal memiliki fungsi yang cukup penting dalam tubuh. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang tergabung dalam sistem ekresi. Ginjal menyaring elemen-elemen termasuk zat purin yang masuk dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem eksresi. Jika asupan zat purin berlebihan, kerja ginjal menjadi lebih berat. Dan pada akhirnya, zat purin yang seharusnya dibuang tersebut mengendap di dalam tubuh, terbawa oleh darah dan mengendap di persendian. Inilah yang menjadi penyebab asam urat.gambar penyebab asam urat

Secara medis, hal tersebut tentu menggangu fungsi ginjal yang seharusnya. Zat purin tersebut berubah menjadi asam urat yang mengendap karena tidak dapat dikeluarkan. Penumpukan asam urat itulah penyebab asam urat terjadi. Hal ini akan semakin parah jika Anda kurang minum. Karena kerja ginjal sesungguhnya akan lebih ringan ketika banyak mendapatkan asupan berupa cairan.

3. Penyebab Asam Urat – Konsumsi Alkohol

Dalam ajaran agama Islam, konsumsi minuman yang memabukkan adalah diharamkan. Hal ini ternyata terjadi bukan karena alasan yang tidak jelas. Allah menyayangi umat-Nya dan ingin umat-Nya hidup sehat. Maka dari itu Ia mengharamkan alkohol. Alkohol pun menjadi salah satu penyebab asam urat. Secara medis dan logis, alkohol membuat asam urat tidak terbuang sepenuhnya melalui urine. Akibatnya, asam urat terbawa oleh darah dan mengendap di daerah persendian.

4. Penyebab Asam Urat – Konsumsi Obat-obatan

Obat-obatan kimia memang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Tetapi, di lain pihak, jika obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, efek samping yang lebih mengerikan akan mungkin terjadi. Salah satunya adalah “berperan” sebagai penyebab asam urat.

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam urat antara lain obat untuk darah tinggi, obat mengandung niasin, aspirin, bahkan vitamin C. Obat-obatan tersebut berpotensi membuat jumlah asam urat dalam darah meningkat. Itu artinya, siap-siaplah merasakan sakit yang sangat di daerah persendian.

5. Penyebab Asam Urat – Kanker dan Gagal Jantung

Kanker limfoma serta kanker darah adalah dua jenis kanker yang bisa menjadi penyebab asam urat. Penyakit tersebut merusak sel tubuh dan berakibat pada naiknya kadar asam urat dalam tubuh atau disebut hyperuricemia. Selain kanker, gagal jantung juga berpotensi menyebabkan asam urat. Tetapi, rasa-rasanya, jika dua penyakit kronis tersebut sudah diderita, penyakit asam urat mungkin bukan lagi menjadi penyakit yang pantas dikeluhkan.

Komentar Seputar Penyebab Asam Urat

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close