Vagina merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang membutuhkan perawatan yang baik supaya tetap sehat. Jika kaum perempuan tidak menjaganya dengan baik, maka daerah ini akan mudah terjangkit berbagai jenis penyakit vagina. Biasanya, menjelang hari pernikahan, para wanita akan sangat merawat bagian ini agar tampil sehat luar dalam. Tapi setelah itu, perawatan ini mulai dilupakan. Berbagai alasan melatarbelakangi malasnya para wanita menjaga kebersihan daerah vagina atau kewanitaannya. Padahal hal ini sungguh sangat penting untuk dilakukan agar terhidar dari berbagai jenis penyakit vagina.

Sebagai kodratnya, wanita akan mengalami proses menstruasi setiap bulan. Masing–masing perempuan memiliki fase menstruasi yang berbeda satu sama lain. Ada yang fase menstruasinya teratur, ada juga yang tidak teratur. Hal ini tergantung pada hormone dan banyaknya aktifitas masing–masing individu (tingkatan stress). Saat menstruasi, banyak perempuan akan juga mengalami nyeri haid. Tapi tidak semua perempuan akan mengalami nyeri ketika haid. Lagi–lagi hal ini juga tergantung hormone dan keturunan.

Salah satu cara untuk merawat vagina adalah dengan memakai cairan pembersih khusus vagina. Mengapa kita harus menggunakan pembersih khusus? Kenapa tidak menggunakan sabun saja? menurut beberapa ahli, hal ini dikarenakan tingkat keasaman (pH) cairan pembersih vagina dengan sabun sangat berbeda. Vagina adalah daerah yang sensitif, oleh karena itu daerah ini memerlukan pH yang cukup rendah yaitu antara 3,5 sampai 4,5. Tingkat keasaman vagina perlu dijaga untuk melindunginya dari bahaya bakteri yang bisa menimbulkan banyak penyakit kelamin (dalam konteks ini adalah penyakit vagina). Selain dengan menggunakan cairan pembersih khusus, beberapa perempuan juga menggunakan metode douching untuk membersihkan vaginanya.

Apakah douching itu? Douching adalah suatu cara untuk membersihkan darah kotor vagina dengan suatu alat tertentu. Akan tetapi beberapa ahli tidak menganjurkan cara ini untuk dilakukan secara sembarangan karena sebenarnya proses menstruasi merupakan proses alami untuk membersihkan darah yang kotor. Sebelum melakukan douching, sebaiknya konsultasikan dulu kepada ahlinya yang mengerti tentang hal ini apakah Anda perlu melakukan douching. Douching harus dilakukan dengan benar supaya tidak membunuh semua bakteri yang ada di vagina karena tidak semua bakteri perlu dimusnahkan. Ada beberapa bakteri baik yang justru dibutuhkan oleh vagina. Bakteri ini juga berfungsi sebagai penghalang bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit vagina.

Keputihan adalah salah satu penyakit vagina yang paling umum. Sebenarnya keputihan bukan masalah besar jika masih dalam kadar yang diijinkan/normal. Penyebab keputihan antara lain adalah stress, mengkonsumsi pil kontrasepsi atau antibiotik dalam jangka waktu panjang, sedang dalam masa ovulasi (masa subur), dan juga saat mendapat rangsangan seksual. Keputihan bisa dikatakan masih normal jika lendir/cairan yang dikeluarkan oleh vagina berwarna jernih, tidak berubah warna, tidak membuat gatal-gatal di sekitar vaginpenyakit vaginaa, dan tidak berbau tidak sedap. Tetapi jika cairan/lendir keputihan ini berwarna kuning kehijauan dan berbau amis, lalu vagina tersa gatal-gatal dan panas terbakar, maka perlu diwaspadai hal ini sebagai penyakit vagina atau kelamin. Segera hubungi ahli pengobatan yang menangani masalah khusus penyakit kelamin untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Beberapa penyakit kelamin lain yang sering menyerang vagina antara lain penyakit kelamin sifilis, penyakit kelamin herpes, penyakit kelamin Gonorrhea dan penyakit kelamin Klamidia. Penyakit Gonorrhea dan Klamidia disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini akan menginfeksi setelah beberapa hari sejak melakukan hubungan seksual dengan penderita Gonorrhea dan Klamidia. Gejala penyakit ini bila terjadi pada perempuan hampir tidak diketahui gejalanya. Tapi efeknya bisa sangat besar yaitu mengalami kemandulan. Penyakit Gonorrhea dan Klamidia dapat dengan mudah disembuhkan apabila ditangani sejak dini. Untuk itulah, lebih baik menjaga kebersihan vagina setiap hari sebelum terjangkit penyakit vagina berbahaya seperti penyakit Gonorrhea dan Klamidia.

Komentar Seputar Penyakit Vagina

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close