Penyakit lambung adalah salah satu kondisi yang umum yang bayak ditemukan di mana-mana. Sebagian besar orang yang kita kenal yang menderita penyakit lambung biasanya telah menderita penyakit ini selama bertahun-tahun dan ini menjadi kondisi yang menetap. Pada umumnya, terlambat untuk makan pada waktu yang tepat selalu disalahkan dan dianggap satu-satunya penyebab penyakit lambung. Beberapa orang sepertinya keliru berpikir bahwa masalah ketepatan waktu makan sebagai satu-satunya alasan terkena penyakit lambung. Oleh karena itu, setiap kali mereka terkena penyakit lambung, mereka akan segera mencari makanan dan buru-buru menyantapnya. Bahkan walaupun seandainya makanan tersebut justru makanan yang hanya akan memperparah kondisi mereka. Makanan-makanan yang serba instan, mengandung pengawet berlebihan, monosodium glutamat yang diatas ambang aman untuk dikonsumsi serta makanan-makanan cepat saji mayoritas, jika dikonsumsi terus menerus dapat menimbulkan gejala penyakit lambung. Karena alasan inilah, penyakit lambung tidak pernah hilang dari mereka, karena mereka tidak pernah mengikuti program tepat pengobatan penyakit lambung.penyakit lambung

Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa menderita penyakit lambung. Salah satu alasan utama adalah konsumsi beberapa obat tertentu untuk mengatasi penyakit lain. Aspirin, telah lama terbukti sebagai salah satu penyebab utama seseorang terkena penyakit lambung. Beberapa orang mengaku bahwa mereka tidak pernah memakai aspirin dan karenanya membantah alasan bahwa mereka mendapatkan penyakit lambung karena obat ini. Akan tetapi, masalahnya adalah, masyarakat awam tidak mengetahui bahwa ada lebih dari 300 obat di apotek yang mengandung zat-zat kimia seperti aspirin dan berperilaku seperti aspirin ketika masuk ke dalam lambung manusia.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab penyakit lambung adalah steroid. Orang memakai steroid untuk banyak alasan yang berbeda. Seringnya, steroid diresepkan untuk alasan khusus. Meskipun anda kemungkinan besar tidak mengetahui ini, sesungguhnya steroid adalah penyebab dari serangan penyakit lambung. Dan perlu untuk saya garis bawahi, itu bukan hanya sekedar penyakit lambung, melainkan serangan penyakit lambung. Ketika serangan terjadi, anda tidak akan hanya merasa sakit di perut seperti umumnya penyakit lambung ringan. Biasanya Anda akan muntah-muntah dan merasakan nyeri yang teramat sangat pada perut anda. Apabila hal ini terjadi, perawatan sederhana yang teratur di rumah tidak akan bekerja sama sekali. Anda perlu mendapatkan perawatan yang tepat untuk serangan penyakit lambung tersebut.

Untuk alasan lain lagi, terkadang seseorang mengkonsumsi suplemen potassium/kalium. Meskipun tidak diketahui secara luas, potassium/kalium dapat menjadi penyebab penyakit lambung. Penyebab ini tidak banyak dikenal di antara kita karena fakta bahwa kita umumnya tidak terbiasa mengkonsumsi suplemen kalium dalam dosis tinggi. Selain suplemen kalium, suplemen zat besi juga dapat menjadi penyebab penyakit lambung. Oleh karena itu, setelah mengetahui ini, anda mungkin perlu untuk ekstra hati-hati apabila anda berniat untuk mengkonsumsi suplemen potassium/kalium atau zat besi demi menghindari terkena penyakit lambung.
penyakit lambung akut Selain disebabkan obat-obatan, ada juga beberapa penyakit yang terbukti dapat menjadi penyebab penyakit lambung. Jika seseorang menderita tuberculosis, biasanya ia telah menderita penyakit ini selama bertahun-tahun. Jika seseorang mederita batuk teratur dan sekaligus penyakit lambung selama beberapa waktu, ini merupakan salah satu indikasi orang tersebut terjangkit tubercolosis. Selain tubercolosis, beberapa bentuk infeksi virus merupakan penyebab penyakit lambung ringan maupun berat.

Beberapa jenis obat-obatan kimiawi yang terdapat di apotek-apotek umum dapat diresepkan untuk para penderita penyakit lambung ringan. Obat-obatan seperti antasida, yang membantu mengurangi jumlah asam dalam perut bisa meringankan gejala lambung yang meradang adalah salah satu pengobatan penyakit lambung ringan secara umum. Pengobatan penyakit lambung biasanya tergantung pada penyebab penyakit lambung itu sendiri. Pendekatan yang berbeda untuk tiap penyebab penyakit lambung dilakukan untuk mempercepat dan mempermudah pengobatan penyakit lambung. Sebagai contoh, jika penyakit lambung disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, ahli medis mungkin akan menyarankan pasiennya untuk berhenti menggunakan obat-obatan tersebut dan beralih ke metode pengobatan lain atau mungkin juga hanya perlu mengurangi dosis. Perubahan gaya hidup seperti pengurangan asupan alkohol dan menghilangkan stress juga sangat mungkin disarankan. Pengobatan akan lebih intens lagi apabila penyakit lambung yang diderita disebabkan oleh bakteri karena ini dapat menyebabkan kanker lambung atau munculnya borok di lambung dan atau usus kecil.

Meskipun penyakit lambung bisa sangat menyulitkan dan mengurangi kualitas hidup penderitanya, gaya hidup sehat, kebiasaan sanitasi bersih dan identifikasi dini beserta pengobatan yang tepat dapat mengurangi dan mencegah kerusakan lebih lanjut yang diakibatkan oleh penyakit lambung.

Satu Komentar

  1. 12-24-2013

    makasi infonya, semoga bermanfaat untuk ummat yang sangat membutuhkan

Komentar Seputar Penyakit Lambung

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close