Setiap orang pasti menginginkan kulit tubuh yang sehat dan cerah. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan kulit yang sehat dikarenakan adanya berbagai penyakit kulit dan kelamin yang bisa menyerang siapa saja tanpa kenal usia.

Penyakit kulit dan kelamin
bisa muncul karena kita tidak menjaga kebersihan badan. Sebaiknya kita mandi minimal 2 kali sehari. Jika aktivitas kita menghasilkan keringat lebih banyak dari aktivitas biasa, lebih baik mandi lebih dari 2 kali. Penyakit kulit akan sangat menganggu penampilan. Kita tidak hanya risih jika melihatnya, tapi orang lain juga akan merasa risih jika mengetahui kita mempunyai penyakit kulit karena mereka mungkin takut ketularan.

Kebanyakan penyakit kulit adalah penyakit yang menular. Oleh karena itulah orang-orang biasanya akan menjauhi orang yang punya penyakit kulit supaya tidak ketularan. Tidak hanya penyakit kulit, penyakit kelamin pun tidak kalah berbahaya dengan penyakit kulit. Kita harus ekstra hati-hati dalam menjaga kebersihan tubuh, khususnya bagian tubuh yang mudah terkena penyakit kulit dan kelamin. Kali ini, kita akan membicarakan sedikit tentang penyakit kulit dan kelamin.

Ada banyak sekali jenis penyakit kulit dan kelamin yang bisa menyerang manusia. Penyakit kulit yang paling sering muncul adalah penyakit kudis. Kudis merupakan penyakit kulit yang biasanya membuat gatal-gatal di kulit dan rasa gatal ini akan semakin terasa saat malam hari. Penyakit kulit ini biasanya muncul di bagian tubuh yang lembab seperti ketiak, paha, pantat, tangan, dan lainnya. Untuk menghindari penyakit kulit menular ini, kita harus senantiasa menjaga kebersihan badan dan kebersihan pakaian. Jangan memakai baju lebih dari dua hari. Cucilah baju dan sprei tempat tidur dengan baik.

Penyakit kulit lain yang juga popular dalam arti paling sering menyerang kulit tubuh manusia adalah panu. Panu merupakan penyakit kulit yang penyebabnya adalah jamur. Panu ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit yang sangat mengganggu penampilan. Panu bisa muncul di tubuh manusia umur berapapun. Berdasarkan pengalaman pribadi beberapa teman dan dengan melihat orang-orang yang terkena penyakit panu, panu cukup merepotkan untuk diobati. Ini karena panu mudah sekali menyebar dan menular. Oleh karena itu, sekali lagi kita harus ingat akan pentingnya menjaga kebersihan badan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Sedangkan penyakit kelamin yang sering menyerang tubuh manusia adalah penyakit kelamin herpes. Mungkin hampir semua orang yang aktif secara seksual dan sering ganti-ganti pasangan seks pernah terkena penyakit kelamin herpes ini. Tapi anehnya, tidak semuanya terjangkit di kelamin. Beberapa orang bisa terjangkit di tempat lain seperti leher, kaki, tangan, dada, dan lainnya. Penyakit kelamin Herpes ini disebabkan oleh virus. Gejala penyakit kelamin herpes ditandai dengan suatu bagian kulit yang memerah, tidak gatal tapi panas, dan berair. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit kelamin herpes bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, daerah di sekitar kulit yang terkena penyakit kelamin herpes harus selalu dibersihkan dan disterilkan supaya virus tidak menyebar ke tempat lain dan bertambah parah.
penyakit kulit dan kelamin
Penyakit kelamin lain yang biasanya menyerang vagina yaitu keputihan. Keputihan merupakan yang paling sering dialami oleh perempuan. Tapi tidak semua keputihan berbahaya. jika lendir atau cairan yang dikeluarkan vagina masih berwarna putih atau transparan, berarti tidak berbahaya. tapi jika warnanya sudah kuning kehijauan, hal ini harus segera ditangani. Bisa jadi itu adalah keputihan yang berbahaya. Segeralah konsultasikan kepada ahli pengobatan penyakit kelamin supaya cepat mendapatkan penanganan yang benar. Semoga artikel penyakit kulit dan kelamin ini bermanfaat untuk pembaca.

Komentar Seputar penyakit kulit dan kelamin

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close