Penyakit Hepatitis A merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang dewasa dan anak-anak. Lalu apakah penyakit ini perlu ditakuti atau apa sebenarnya penyakit hepatitis A tersebut. banyak yang harus di ketahui mengenai penyakit ini terutama untuk mengenal perilaku penyakit ini agar mudah dalam mengatasi dan menanggulanginya.

Penyakit Hepatitis A ini ditularkan melalui makanan yang memiliki virus yang berasal dari kotoran yang di miliki oleh penderita. Tidak seperti penyakit hepatitis lainnya, penyakit hepatitis A ini ditularkan memang melalui makanan, bukan melalui aktivitas sexual ataupun melalui darah seperti penyakit hepatitis B dan Hepatitis C. tapi tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini bisa ditularkan melalui hubungan langsung atau aktivitas sexual antar penderita dan non penderita.menghindari penyakit hepatitis A

Virus yang telah menyerang penderita akan langsung masuk ke dalam sel hati dari penderita, karena bersifat stabil maka virus ini dapat tidak terdeteksi yang kemudian masuk ke sel empedu hingga masuk ke dalam saluran pencernaan, sehingga kotoran penderita memiliki konsentrasi tinggi akan virus ini, oleh karena itu di harapkan apabila telah mengetahui seseorang menderita penyakit ini maka segeralah menghindar untuk sementara.

Masa inkubasi dari virus ini sekitar 2 – 6 minggu barulah menunjukkan gejala-gejala terkena penyakit hepatitis A ini. Konsentrasi tertinggi virus ini terletak pada kotoran yang di miliki oleh penderita, sedangkan untuk air liur memiliki kadar konsentrasi terendah, walaupun begitu tidak menutup kemungkinan akan terjadi penularan melalui air liur.3

Penularan penyakit ini besar kemungkinan terjadi akibat kurang bersihnya olahan makanan yang akan di konsumsi atau kurang masaknya pada saat makanan tersebut di olah. Tapi yang mengolahnya tentu saja seseorang yang terkena penyakit hepatitis A ini. Menghindari penyakit hepatitis A ( VHA ) yang pada prinsipnya menular melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh feses penderita hepatitis A, adalah dengan menjaga higienis. Karena higienis dan sanitasi yang buruk beresiko tinggi terhadap penularan penyakit hepatitis A ( VHA ). kebiasaan jajan di sembarang tempat, terutama anak-anak di sekolah, juga meningkatkan risiko tertular penyakit termasuk penyakit hepatitis A. Makanan mentah atau setengah matang juga berpotensi terkontaminasi berbagai penyakit termasuk virus hepatitis A. Karena itu harus dicuci sebersih mungkin di bawah air mengalir. Demikian juga air dari sumber air tanah yang belum atau tidak dimasak.

berikut adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit hepatitis A:

1. Minumlah air hanya dari sumber yang aman, misalnya air PAM karena air PAM sudah diolah sehingga kemungkinan tidak terkontaminasi oleh kuman-kuman atau virus penyakit hepatitis A. Yang terbaik air minum direbus dulu, untuk mematikan kuman-kuman tersebut.
2. Hindari jajan makanan dan minuman yang dijajakan dalam keadaan tidak tertutup. Hindari pula jajan buah-buahan potong yang tidak diketahui kondisi kebersihannya. Cuci bersih terlebih dulu buah dan sayurannya dengan air matang berkali-kali sampai Anda yakin buah dan sayuran tersebut telah benar-benar bersih dan terbebas dari virus penyakit hepatitis A.
3. Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih setiap kali keluar dari kamar mandi.
4. Jika Anda merasa berisiko tinggi terinfeksi penyakit hepatitis A, mintalah vaksinasi.

Gejala yang di timbulkan tidak terlalu menonjol untuk kalangan anak-anak pada umumnya, tapi sering tampak pada remaja dan orang dewasa. Apakah anda mengetahui mengapa penyakit hepatitis A ini lebih di kenal dengan nama penyakit kuning. Karena dalam salah satu gejalanya terdapat perubahan warna pada warna kulit dan warna putih pada bola mata. Selain itu juga penderita akan mengalami demam terus-menerus selama terkena penyakit tersebut. Penderita penyakit hepatitis A juga mengalami kelelahan dan akan merasa mual .

Orang penderita Hepatitis A akan mengalami penurunan dalam berat badan akibat hilangnya nafsu makan , dan akan mengalami sakit perut kanan-atas. Juga akan mengalami mencret atau diare dan muntah-muntah. Yang paling mencolok dari seseorang yang terkena penyakit ini ialah warna air seni yang di keluarkan akan berbeda dengan warna air seni secara normal. Warna air seni yang di keluarkan akan terlihat seperti warna the atau kotoran berwargambar penyakit hepatitis Ana dempul. Bukan hanya itu seorang penderita hepatitis A akan mengalami sakit sendi.

 

Penyakit hepatitis A merupakan jenis penyakit akut. Oleh karena itu seseorang yang telah terkena penyakit ini dan sembuh besar kemungkinan tidak akan terkena penyakit yang sama, tapi masih memiliki kemungkinan terkena penyakit hepatitis lainnya.

Tidak ada yang istimewa dalam penanganan penyakit ini, karena bisa di katakan tergolong merupakan penyakit yang memiliki gejala penyakit biasa dan bisa di tangani, tapi bukan berarti penyakit ini dapat di sepelekan begitu saja . Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah terjangkitnya penyakit ini. Dengan mengolah makanan dengan baik dan menjaga kebersihannya sebelum di konsumsi maka bisa menyebabkan penyakit ini tidak mudah menyerang siapapun. Dengan mengetahui informasi mengenai penyakit hepatitis A ini akan membuat anda lebih mudah untuk melakukan langkah penanggulangan dan pencegahan dari sejak dini dan melindungi keluarga anda dari tertular dari penyakit hepatitis A ini.

Komentar Seputar Penyakit Hepatitis A

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close