Penyakit Batu ginjal terbentuk karena terjadinya pengkristalan kalsium dan atau asam urat dalam tubuh (ginjal), cairan mineral ini menggumpal dan membentuk kristal yang mengangkibatkan terjadinya batu ginjal. Penyakit batu ginjal biasanya terdapat di dalam ginjal tubuh seseorang, yang dimana tempat bernaungnya urine sebelum dialirkan melalui ureter menuju kandung kemih.

Apabila batu ginjal berukuran kecil, maka batu ini dapat terbuang dengan sendirinya ketika kita buang air kecil dan tidak mengakibatkan penyakit batu ginjal. Dan terkadang, karena bentuknya yang kecil ini, kita tidak sadar bahwa dalam ginjal kita terdapat batu. Akan tetapi berbeda halnya apabila batu tersebut berdimensi besar, hal ini yang menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal. Karena, ketika batu ginjal tersebut berdimensi besar, sangat kecil kemungkinan untuk keluar melalui saluran urine. Batu ginjal yang besar tersebut akan mengiritasi kandung kemih dan menghalangi laju urine sehingga mengakibatkan rasa sakit yang sangat terhadap penderita penyakit batu ginjal.

Rasa sakit yang dirasakan oleh pengidap penyakit batu ginjal biasanya berada di daerah sekitar pinggang. Dalam beberapa kasus pasien penyakit batu ginjal pengobatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin rasa mual dan muntah dapat dirasakan oleh penderita penyakit batu ginjal. Gejala yang sangat jelas terdapatnya batu ginjal dalam tubuh seseorang adalah terjadinya perubahan warna dalam air seni, biasanya bewarna kemerah-merahan.

Kenapa sebagian orang mengidap penyakit batu ginjal dan sebagian lagi tidak, belum dapat dijelaskan secara gamblang. Penyakit batu ginjal kebanyakan mengidap orang-orang yang berumur antara 25-50 tahun dan lebih banyak terdapat di kaum pria daripada wanita, akan tetapi penyakit batu ginjal jarang ditemukan dikalangan yang berumur lebih dari 50 tahun. Masyarakat yang hidupnya dengan iklim yang panas berpotensi lebih tinggi terkena penyakit batu ginjal daripada masyarakat yang hidupnya dengan iklim dingin, karena rata-rata masyarakat yang berada di iklim panas lebih cepat dehidrasi yang dapat berkontribusi pengentalan mineral-mineral yang terdapat dalam urine yang kemudian terjadi pengkristalan.

Penyebab terjadinya penyakit batu ginjal yang umum adalah karena seseorang kurang air minum. Minumlah air mineral yang cukup bagi tubuh anda (8-10 gelas perhari) sehingga air kencing anda berwarna kekuning-kuningan atau jernih seperti air. Beberapa pengidap penyakit batu ginjal juga dapat disebabkan oleh penyakit yang diderita sebelumnya, seperti penyakit sama urat yang menahun.

penyakit batu ginjal

penyakit batu ginjal

Kegemukan juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit batu ginjal. Kegemukan dapat mempermudah seseorang untuk dihinggapi diabetes sehingga insulin dalam tubuh menjadi bermasalah dan peningkatan berlebih jumlah kalsium dalam urine. Penyebab penyakit batu ginjal yang umum lainnya adalah adanya family history atau keturunan dalam keluarga yang mengidap penyakit batu ginjal.

Bagaimana caranya pencegahan penyakit batu ginjal? Jawabannya sangat sederhana. Banyaklah minum air. Manfaat air minum sangat banyak dan salah satunya adalah mencegah penyakit batu ginjal menghidapi tubuh kita. Air minum mencegah terjadinya penggumpalan kalsium didalam ginjal. Setelah berkumpulnya kalsium dalam ginjal, penggumpalan ini mengkristal (menjadi semacam batu) sehingga terjadilah penyakit batu ginjal. Proses pengkristalan tersebut tidak akan terjadi apabila tubuh seseorang mendapatkan air minum yang cukup. Hal sederhana lainnya yang dapat dilakukan dalam pencegahan penyakit batu ginjal adalah mengurangi atau bahkan hindari makanan yang mengandung pengawet dan penguat rasa (mono sodium glutamat). Pengawet makanan dan penguat rasa berpotensi meningkatkan jumlah kalsium dalam urine seseorang. Demikian artikel singkat mengenai penyakit batu ginjal ini kami sajikan, semoga bermanfaat.

Komentar Seputar Penyakit Batu Ginjal

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close