Pengertian hepatitis mempunyai beragam makna dan arti yang pada umumnya adalah merupakan gangguan pada fungsi hati atau dapat disebut juga berupa gangguan dan peradangan pada sel – sel hati. Pengertian hepatitis dapat juga diartikan sebagai peradangan pada hati yang diakibatkan oleh bermacam – macam penyebab. Hepatitis dapat ditularkan juga oleh infeksi yang bernama ‘Cytomegalovirus ( CMV )’ dan virus yang bernama ‘monoknukleosis infeksiosa’. Adapun jenis hepatitis yang disebabkan bukan dari virus atau non-virus adalah karena seseorang gemar mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang.

pengertian hepatitisSelain seperti yang dijelaskan di atas, pengertian hepatitis juga dapat dibedakan dari beberapa jenis hepatitis yang umumnya ditentukan oleh faktor penyebabnya. Penyebab hepatitis adalah virus, yang terbagi ke dalam lima jenis dan ditambah 2 jenis, yaitu jenis hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Pengertian hepatitis secara lebih dalam dapat diartikan sebagai peradangan pada fungsi hati yang diakibatkan oleh agen yang menjadi penyebab infeksi, serta toksin, dan obat termasuk senyawa kimia lainnya.

Berikut beberapa pengertian hepatitis yang dapat Anda pelajari, yaitu:
- Hepatitis Akut: hepatitis yang kelangsungan penyakitnya terhitung dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan yang disebabkan oleh minuman keras dan beralkohol. Penyakit hepatitis akut ini disebabkan oleh racun yang masuk ke dalam jaringan tubuh.
- Hepatitis Kronis: hepatitis yang kelangsungan penyakitnya terjadi dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan. Hepatitis kronis ini disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi dapat juga disebabkan oleh penggunaan alkohol atau minuman keras.

Pengertian Hepatitis Berdasarkan Jenis hepatitis

1. Hepatitis A
Pengertian Hepatitis A adalah penyakit peradangan hati yang termasuk kategori ringan dan apabila ditangani sejak dini dengan baik tidak menyebabkan kematian. Hepatitis A (disebabkan virus hepatitis A, VHA) adalah jenis hepatitis yang paling ringan, namun sangat menular. Virusnya ditemukan dalam tinja penderita hepatitis A sekitar 2 minggu sebelum dan 7 hari setelah terinfeksi. Penularan jenis hepatitis A ini melalui: (1) Kontak langsung, contohnya setelah membersikan seorang anak penderita hepatitis yang baru saja BAB, Anda tidak mencuci tangan dengan sabun. Anda bisa tertular. (2) Makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan virus hepatitis A. karena itu, jangan minum sembarangan atau mengonsumsi makanan mentah yang belum dicuci. sangat mudah dan cepat menyebar merupakan salah satu pengertian hepatitis A, terutama ditularkan oleh tukang masak yang tidak mencuci tangan dengan BAB. Waspada terhadap sanitasi yang buruk di suatu restoran.

2. Hepatitis B
Pengertian Hepatitis B ialah penyakit hepatitis jenis B yang dikategorikan sebagai penyakit menular dan termasuk penyakit menular berbahaya. jenis Hepatitis B ini masuk dalam kategori hepatitis akut atau menahun. Jenis hepatitis B dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan sel-sel hati, virus mampu bertahan dan menetap di dalam tubuh, sehingga bersifat kronis dan selanjutnya berpotensi merusak jaringan hati secara perlahan. Akhirnya organ hati rusak, mengecil, dan mengeras (sirosis) atau timbul kanker hati. Indonesia termasuk negara endemic jenis hepatitis B ( VHB ). Setiap 100 orang, diperkirakan 2-10 orang terinfeksi jenis hepatitis B ini, terutama di provinsi Nusa Tenggara Barat dan di provinsi-provinsi bagian timur Indonesia. Tidak cuma Indonesia, ternyata China dan negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia merupakan negara dengan tingkat endemisitas infeksi hepatitis B tinggi, yaitu setiap 100 orang ada delapan orang positif menderita jenis hepatitis B. sehingga penyakit jenis hepatitis yang merupakan penyakit yang harus diwaspadai dengan seksama dapat dikatakan sebagai salah satu pengertian hepatitis B.

3. Hepatitis C
Pengertian hepatitis C adalah penyakit jenis hepatitis yang disebabkan oleh virus C (Hepatitis C Virus – HCV) dan ditularkan melalui jarum suntik, jarum tindik, dan tato yang terinfeksi dan transfuse darah atau produk darah yang terinfeksi, cuci darah, cangkok organ. Selain itu juga alat perawatan tubuh bersama seperti silet cukur, sikat gigi dan gunting kuku. Bedanya dengan jenis hepatitis B, penularan jenis hepatitis C tidak melalui kontak pribadi (misalnya hubungan seks atau kelahiran bayi dari ibu yang terinfeksi). Namun sumber penularan terbesar adalah jarum suntik yang digunakan bersama-sama di antara para pengguna narkoba. Jenis hepatitis C lebih ganas dibanding Jenis hepatitis B. Bom waktu bagi kesehatan masyarakat merupakan pengertian hepatitis C atau VHC yang sering dikumandangkan oleh ahli medis, karena berpeluang besar menjadi kronis yang bisa membawa kematian jika berkembang menjadi sirosis atau kanker hati. Sementara itu, belum ada vaksin untuk virus jenis hepatitis C ini, sehingga sulit dilakukan pencegahan. Jenis Hepatitis C ini seringkali tanpa gejala, sehingga penderita bisa bertahun-tahun terinfeksi tanpa menyadari bahwa dirinya mengidap VHC dan berpotensi menularkannya. Virus hepatitis C berada dalam darah dan cairan tubuh, dapat dideteksi dengan pemeriksaan darah khusus, dimana di dalam darah ditemukan adanya HCV-RNA setelah 1-2 minggu terinfeksi virus jenis hepatitis C (VHC). Pengertian hepatitis C memang terkesan menyeramkan karena karakteristik virusnya yang “pandai” mengecoh, dan berkembang tanpa diketahui sudah mencapai tahap berbahaya.

4. Hepatitis D
Pengertian hepatitis D adalah penyakit hepatitis jenis D yang disebabkan oleh virus yang dikenal dengan sebutan Delta yaitu virus cacat yang perkembangannya dibantu oleh hepatitis B. Dan virus hepatitis D inilah yang paling berbahaya walaupun jarang memasuki jaringan tubuh manusia. Infeksi jenis hepatitis D ( VHD ) ditemukan di berbagai negara di seluruh dunia, namun prevalensinya bervariasi. Di Asia Tenggara dan China nyari tidak dikenal. Demikian juga di Amerika Serikat, kecuali di kalangan pengguna narkotika dan pengidap hemophilia. Sekitar 20-40% pengidap HVD berada di Afrika, Timur Tengah, dan Italia Selatan. Sisanya tersebar di berbagai negara. Namun diketahui bahwa pengidap hepatitis D di seluruh dunia diperkirakan berjumlah 10 juta orang. Pengertian Hepatitis D (VHD) yang lain adalah infeksi virus pada organ hati yang hanya bisa diperoleh atau hanya bisa terjadi pada mereka yang telah mengidap hepatitis B aktif. Kolaborasi jenis hepatitis B ( VHB ) dan jenis hepatitis D ( VHD ) tersebut bisa akut (sembuh sendiri) atau berkembang menjadi parah (kronis) sehingga timbul fulminant hepatitis. masa inkubasi jenis hepatitis D ini antara 3-7 minggu.

5. Hepatitis E
pengertian hepatitis E adalah penyakit hati yang disebabkan virus jenis hepatitis E ( VHE ). Jenis Hepatitis E ditemukan pada tahun 1980-an, Hepatitis E didiagnosis setelah ditemukan virus VHE dalam darah yang disertai dengan zat anti-IgM dan anti-VHE. Menurut para ahli, jenis hepatitis E tidak perlu ditakuti meski bisa menahun.

pengertian hepatitis dan jenis hepatitis

pengertian hepatitis dan jenis-jenisnya

Di samping penjelasan tersebut di atas tentang pengertian dan jenis hepatitis, masih ada lagi pengertian hepatitis lainnya. Pengertian hepatitis selain dari itu adalah bahwa Hepatitis merupakan sebuah proses dari peradangan difusi yang terdapat pada jaringan yang disebabkan oleh reaksi toksik terhadap macam-macam obat-obatan atau pun bahan-bahan kimia, selain itu juga disebabkan dari infeksi virus.

Pengertian hepatitis virus juga adalah infeksi sistemik yang proses terjadinya disertai adanya virus klinis dan nekrosis dan lain sebagainya. seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Hepatitis biasanya disebabkan virus dan juga non – virus. Hepatitis yang sering menyerang adalah hepatitis virus.

Pengertian hepatitis secara lebih umum sering dikenal dengan nama penyakit Liver ( Peradangan yang terjadi pada bagian hati ). Penyakit liver atau hepatitis ini ada yang dapat disembuhkan dengan cepat dan ada juga yang tidak. Untuk penyakit hepatitis yang ringan seperti pada jenis hepatitis A kemungkinan besar dapat disembuhkan dengan cepat tentu saja dengan pengobatan yang serius dan perlunya istirahat total, istirahat dari aktifitas – aktifitas yang berat selama dalam kurun waktu 3 mingguan. Dalam jangka waktu tersebut, seseorang yang terkena jenis hepatitis A harus menghindari asupan – asupan makanan yang mengandung lemak apalagi mengandung pedas. Selain itu juga diharuskan mengkonsumsi asupan – asupan yang memiliki protein dan juga kalori yang tinggi. Hal ini harus dilakukan selama masa penyembuhan. Dan untuk lebih mengetahui tentang pengertian hepatitis serta jenis – jenis hepatitis untuk menghindari penyakit ini, atau pun untuk menyembuhkan penyakit hepatitis ini, seseorang yang terkena virus hepatitis sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika mengalami atau terkena penyakit hepatitis tersebut. nah, mudah-mudahan anda semua dapay mengerti tentang apa itu hepatitis, setelah membaca artikel pengertian hepatitis dan jenis hepatitis ini. :)

(dari berbagai sumber)

Komentar Seputar Pengertian Hepatitis Dan Jenis hepatitis

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close