Pencegahan Hepatitis yang paling efektif adalah dengan vaksinasi hepatitis, terutama untuk virus hepatitis B. Namun vaksinasi untuk virus hepatitis C belum ada. Untuk mencegah serangan virus hepatitis, daya tahan tubuh harus diperkuat dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukup istirahat, dan melakukan olahraga teratur.

Hepatitis juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang sifatnya nonvirus. Hindari pemakaian obat-obatan yang berpotensi merusak hati dalam jangka waktu lama, misalnya parasetamol, tetrasiklin, antikanker methotrexate, azathioprine, cinchophen; juga obat-obatan bius klorofom dan halothane.

Gangguan pada kandung empedu seperti infeksi empedu atau batu empedu juga bisa merusak hati. Infeksi empedu bisa menjalar ke organ hati, sedangkan batu empedu bisa menimbulkan sumbatan sehingga menimbulkan peradangan hati.

Faktor lain untuk pencegahan hepatitis adalah jangan minum minuman keras atau minuman beralkohol. Jangan mengonsumsi tempe atau oncom atau kacang yang telah busuk/berjamur. Demikian juga bahan pembuat jamu yang sudah tercemar jamur juga berbahaya bagi kesehatan hati, karena mengeluarkan racun aflatoksin yang berpotensi merusak organ hati.

Mengingat bahwa hepatitis yang disebabkan virus, menular, maka sebaiknya kita menjaga kebersihan diri. Cucilah tangan dengan sabun di bawah air mengalir, setiap kali sebelum dan sesudah makan, sesudah BAB, dan ketika menangani dan menyiapkan makanan.

Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan pakaian dan benda-benda lain (sikat gigi, pisau cukur, gunting kuku, dan lain-lain) milik pasien hepatitis, tentunya jika ada anggota keluarga yang sedang menderita hepatitis.

Berikut ini pencegahan hepatitis secara umum:
• Menjaga kebersihan, misalnya selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet atau mengganti popok.
• Hindari minum langsung dari air keran, di negara sendiri maupun di luar negeri.
• Hindari pemakaian obat-obat terlarang/narkoba, dan penggunaan alat suntik dan alat cukur bersama.
• Lakukan hubungan seks yang aman.
• Hindari konsumsi alcohol berlebihan.
• Perbanyak mengkonsumsi air mineral.
• Ikuti pola makan seimbang: sayur, buah, protein, karbohidrat, lemak.

Mudah-mudahan dengan melakukan aktivitas di atas kita dapat melakukan pencegahan hepatitis dengan maksimal.

Komentar Seputar Pencegahan Hepatitis

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close