Ada lebih dari 250 jenis kembang sepatu (hibiscus). Warnanya pun sangat beraneka. Selain sebagai penghias taman, kembang sepatu dijadikan bahan kertas dan teh herbal. Jamaica drink yang dibuat dari salah satu jenis kembang sepatu, sangat populer di Meksiko.

Manfaat kembang sepatu: kembang sepatu kerap diasosiasikan dengan usia panjang. Karena itu, di Okinawa, Jepang dan Timur Tengah, hibiscus (kembang sepatu ) digunakan sebagai teh.
kembang sepatu
Bunga, daun dan akarnya digunakan sebagai obat herbal / obat tradisional. Diantaranya untuk peluruh dahak, peluruh kencing, emollient, obat tradisional antiinfeksi, obat tradisional antiperadangan, antipiretik, dan bersifat mendinginkan. Sering digunakan sebagai obat batuk, demam, obat tradisional mengatasi disentri, mual, obat tradisional infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, mencegah sembelit, mengatasi sakit kepala, bengkak bernanah, gondongan, juga obat tradisional bisul.

Dalam sisten pengobatan Ayuverda, kembang sepatu terutama yang putih, dipercaya sangat berkhasiat sehingga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan gizi kembang sepatu: kalsium, zat besi, niacin, fosfor, karoten, thiamin, riboflavin.

Komentar Seputar Manfaat Kembang Sepatu

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close