Orang mesir kuno menganggap jamur adalah makanan istimewa yang hanya pantas disantap oleh Firaun. Bangsa Romawi menyajikan jamur pada pesta perjamuan. Bangsa ini percaya bahwa jamur akan memberi kekuatan istimewa untuk prajurit-prajurit mereka yang perkasa.

Di Asia, jamur shiitake biasa dijumpai di masakan dalam bentuk tumis dan sup. Jamur ini biasa dijual dalam bentuk kering. Merendam jamur kering itu sebelum diolah setelah dicuci bersih, lalu dituangi air mendidih dan dibiarkan selama setengah jam, merupakan pengetahuan yang umum dimiliki masyaraka Asia.manfaat jamur shiitake

Manfaat jamur shiitake: di Cina, ahli herbal biasa merekomendasikan jamur shiitake untuk panjang usia dan kesehatan, khususnya untuk mengobati infeksi saluran pernapasan, sirkulasi darah yang buruk, penyakit hati, penyakit lemah/letih, serta sirkulasi chi yang buruk.

Shiitake merupakan sumber potassium yang baik. Jamur ini merupakan makanan rendah kalori. Kecuali bila digoreng dengan minyak, ia bukan lagi makanan rendah kalori.

Jamur shiitake juga sumber bahan kimiawi alami seperti salisilat, amines dan monosodium glutamate (MSG).

Kandungan Gizi jamur shiitake: sumber potassium dan niasin

Ingat: orang yang alergi MSG sebaiknya menghindari konsumsi jamur shiitake

Komentar Seputar Manfaat Jamur Shiitake

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close