Buah genit! Julukan yang pas buat buah kesemek yang selalu menor berbedak tebal. Kita punya jenis buah kesemek lokal yang tergolong murah, tetapi orang belum tahu banyak khasiatnya. Kesemek impor yang punya nama keren persimmon, harganya cukup mahal dan hanya tersedia di toko buah khusus.

Manfaat Buah Kesemek: Mengandung antioksidan, terutama karotenoid dan polifenol, sehingga baik untuk memetabolisme lemak. Tim peneliti yang dipimpin Shela Gorinstein dari Hebrew University of Jerusalem, membuktikan dalam studi mereka bahwa konsumsi buah kesemek dapat mempengaruhi metabolisme kolesterol.

Uji coba laboratorium
pada tikus menunjukkan diet dengan kesemek mengurangi peningkatan kadar lembak plasma darah. Total kolesterol, LDL, trigliserida dan lipid peroksida juga jadi lebih rendah. Kadar kolesterol dalam liver pun berkurang pada grup yang diberi buah kesemek. Itu karena buah kesemek memilik properti antioksidan dan hipolipidemik.

Daging buah dan kulitnya kaya akan serat. Ini baik untuk membentuk memetabolisme kolesterol. buah Kesemek juga bersifat astringent, sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan dan mulut. Orang Indian Cherokee memanfaatkan buah ini untuk mengobati wasir. Dari dulu, buah kesemek juga sudah lama digunakan sebagai obat tradisionalmengatasi diare, batuk berdahak serta hipertensi.

gambar buah kesemek

gambar buah kesemek

Kandungan Gizi Buah Kesemek: Vitamin C, kalori, kalsium, zat besi, protein, fosfor, potasium, sodium, tanin, asam siringis, frukosa.

2 Komentar

  1. 5-29-2012

    banyak manfaatnya dan harga ekonomis

  2. 12-19-2012

    apa ya nama lain dari buah kesemak.kandungannya byk juga ya. hihihihihi:)

Komentar Seputar Manfaat Buah Kesemek

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close