Penyakit kelamin memiliki banyak macam dan ragam. Berikut macam-macam penyakit kelamin yang umum diketahui orang:

1. Penyakit Kelamin Gonorhea

Macam-macam penyakit kelamin yang pertama adalah gonorrhea. Baik pria maupun wanita bisa terserang gonorrhea. Gonorhea bisa ditularkan melalui hubungan intim lawan jenis. Pada pria, penyakit kelamin ini ditandai dengan keluarnya cairan yang tidak biasa dan biasanya sakit. Sedangkan pada wanita penyakit ini biasanya tidak memiliki gejala khusus kecuali bila memang sudah parah biasanya akan menyebabkan kemandulan.

2. Penyakit Kelamin Herpes

Penyakit kelamin Herpes merupakan salah satu dari macam-macam penyakit kelamin yang yang paling ditakuti. kan tetapi, mayoritas para penderita penyakit kelamin herpes yang tidak sadar bahwa mereka terinfeksi penyakit herpes. karena bisanya, pada awal infeksi penyakit kelamin herpes ini mayoritas tidak menimbulkan gejala penyakit kelamin pada umumnya. Walaupun para penderita penyakit kelamin herpes ini tidak atau belum menunjukan gejala mereka dapat dengan mudah menularkan virus herpes tersebut kepada pasangannya. Sebaiknya bagi pihak-pihak yang termasuk beresiko tinggi ( suka berganti-ganti pasangan ) melakukan general check up ke laboratorium sangat disarankan.

3. Penyakit Kelamin Infeksi jamur

Infeksi jamur merupakan salah satu dari macam-macam penyakit kelamin yang disebabkan karena penderitanya kurang menjaga kebersihan pada organ intim. Beberapa penyebab terjadinya infeksi jamur tersebut misalnya: tidak mengelap bagian intim setiap selesai buang air kecil, tidak membersihkan organ intim secara menyeluruh, tidak membersihkan organ intim karena malas, jarang mengganti celana dalam, dll.

4. Penyakit Kelamin Sipilis

Sipilis adalah salah satu dari macam-macam penyakit kelamin yang berasal dari virus. Pemeriksaan laboratorium untuk terhadap penyakit kelamin sipilis adalah VDRL dan TPHA. Pemeriksaan laboratorium ini dilakukan untuk melacak antibodi T. pallidum yang merupakan penyebab penyakit kelamin sifilis. Pihak yang memiliki resiko tinggi terhadap penyakit kelamin ini adalah pihak laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki lagi ( Men who have sex with men ). Jika tidak ditanggulangi dengan cepat, penyakit kelamin sifilis ini dapat menyebar ke organ-organ lain ( ginjal, jantung bahkan otak) dan menyebabkan kematian.

5. Penyakit Kelamin Vaginistis

Penyakit kelamin ini disebut juga sebagai jenis penyakit kelamin wanita. Penyakit ini adalah macam-macam penyakit kelamin yang hanya bisa menyerang wanita. Biasanya, wanita yang terserang penyakit kelamin ini akan merasakan ketidaknyamanan di daerah sensitifnya. Di samping itu terdapat bau yang tidak sedap diikuti oleh keluarnya cairan. Penyakit ini bisa sembuh dengan penanganan yang rutin dan menjaga kebersihan daerah intim.

6. Bisul di Kelamin

Bisul merupakan salah satu dari sekian macam-macam penyakit kelamin yang penyebabnya karena penderitanya tidak menjaga kebersihan bagian organ vitalnya. baik wanita maupun pria bisa terjangkit penyakit ini. Bisul pada kelamin mirip bisul pada kulit wajah dan bagian tubuh yang lain. Bisul ini bisa disembuhkan. Dan untuk menghindarinya, hendaknya kita selalu menjaga kesehatan organ vital kita.

7. Penyakit Kutu Kelamin

Kutu kelamin juga terjadi karena pelakunya tidak menjaga kesehatan pada organ vital. Kutu kelamin biasanya akan bersembunyi di sela-sela rambut. Dan cara mengobatinya adalah dengan menggunakan formula khusus atau obat cair.

macam-macam penyakit kelamin

macam-macam penyakit kelamin

8. Penyakit Kelamin HIV AIDS

Dari sekian banyak macam-macam penyakit kelamin, mungkin penyakit HIV AIDS merupakan penyakit kelamin yang banyak ditakuti orang. Walaupun penyakit HIV AIDS tidak selamanya ditularkan melalui hungan seksual, akan tetapi persentase penularan melalui hubungan seksual merupakan yang tertinggi dibandingkan penularan melalui jalur tranfusi darah atau dari ibu ke anak.

Dari sekian banyak macam-macam penyakit kelamin yang dituliskan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa sebagian besar penyebab macam-macam penyakit kelamin tersebut adalah karena hal-hal berikut ini:

1. Macam-macam penyakit kelamin bisa terjadi karena pelakunya tidak menjaga kebersihan organ vital.
2. Macam-macam penyakit kelamin bisa terjadi karena pelakunya tidak menjaga sikap.
3. Macam- macam penyakit kelamin bisa terjadi karena pelakunya kurang waspada dan kurang peduli terhadap diri sendiri dan pasangannya.

Macam-macam penyakit kelamin lebih banyak disebabkan karena perilaku orang yang tidak wajar yaitu tidak menjaga kebersihan baik kebersihan secara fisik maupun perilaku. Macam-macam penyakit kelamin bisa kita nilai memiliki tiga tipe yaitu ringan, sedang, dan berat. Macam-macam penyakit kelamin bisa kita deteksi sejak dini dari diri kita sendiri. Bila bukan kita yang menjaga kebersihan organ vital kita, lalu siapa lagi. Sudah sepantasnya bila kita menjaga diri dan menjaga kesehatan karena organ vital kita merupakan bagian yang penting dalam hidup kita. Bagaimana? Jadi, rawatlah sedari sekarang :).

Komentar Seputar Macam-Macam Penyakit Kelamin

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close