Demam berdarah merupakan penyakit orang kota. Ia tidak pandang bulu. Kalau Anda tinggal di daerah atau perdesaan, bolehlah merasa aman. Disebut sebagai penyakit perkotaan, karena nyamuk penyebab penyakit demam berdarah (DB) dengue hidupnya di seputar manusia, dan bersarang di air yang jernih, bersih dan tenang.

Kita tahu, kota-kota besar demikian padat penduduknya dan dengan mobilitas yang laur biasa tinggi. Di rumah-rumah orang yang tinggal di kota-kota besar, lazim ada pot tanaman, vas bunga, kolam ikan, akuarium yang airnya cocok untuk hidupnya nyamuk penyebab demam berdarah.
demam berdarah
Membersihkan dan sering mengganti air merupakan saran yang wajib ditaati agar nyamuk tidak bersarang. Kunci lain untuk menghindarinya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, agar jika terkena pun, nyawa kita tidak sampai terancam.

Jambu biji sering disebut sebagai buah yang sangat baik untuk diberikan kepada pasien demam berdarah. Tak lain karena jenis jambu ini mengandung banyak vitamin C. Ada pakar yang mencatat, kandungan vitamin C dalam jambu biji berkisar 3-6 kali lipat lebih banyak dibanding berbagai jeruk 10-30 kali dibanding berbagai pisang dan 10 kali dibanding pepaya.

Vitamin C diketahui sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, sebetulnya yang sangat dibutuhkan oleh pasien demam berdarah adalah cairan, mengingat butuh banyak kehilangan plasma darah akibat turunya trombosit. Jus buah yang banyak mengandung air akan sangat baik jika diberikan 5-6 kali se hari, lebih–lebih jika buah itu banyak mengandung vitamin C.

Dibawah ini merupakan pilihan jus-jus yang banyak mengandung vitamin C dikombinasi dengan buah yang mengandung banyak air. Kalaupun Anda tidak terkena demam berdarah, jus-jus yang di bawah ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

JUS PEPAYA NANAS
Bahan:
1 mangkuk pepaya yang telah dipotong-potong
½ mangkuk nanas yang telah dipotong-potong
3 sendok madu

Cara Membuat:
Haluskan nanas menggunakan blender dengan menambahkan segelas air. Tambahkan pepaya, haluskan lagi. Pindahkan ke dalam gelas, tuangkan madu 3 sendok, lalu hidangkan.

JUS JAMBU BIJI MADU
Bahan:
3 buah jambu biji matang ukuran sedang
3 sendok makan madu

Cara Membuat:
Cuci bersih jambu iji, lalu potong-potong dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan segelar air lalu haluskan. Hidangkan ke dalam gelas setelah di beri madu.

JUS PIR PEPAYA
Bahan:
2 buah pir (jenis apa saja)
1 mangkuk pepaya yang telah dipotong-potong

Cara Membuat:
Kupas pir lalu potong-potong bersama dengan pepaya dan segelas air, haluskan pir menggunakan blender. Hidangkan.

JUS TOMAT CABAI
Bahan:
4 buah tomat ukurang sedang
2 buah cabai merah besar
gambar demam berdarah
Cara Membuat:
Cuci bersih semua bahan, potong-potong tomat, letakkan ke dalam mangkuk, tuang 2 gelas air panas. Belah cabai merah, buang isinya, potong-potong. Masukkan tomat berikut airnya bersama cabai ke dalam blender. Haluskan menggunakan blender, lalu hidangkan. Tambahkan madu bila suka.

JUS JERUK PEPAYA
Bahan:
3 buah jeruk orange
1 mangkuk pepaya yang telah dipotong-potong

Cara Membuat:
Kupas jeruk, ambil daging buahnya saja. Masukkan pepaya dan jeruk ke dalam blender. Tambahkan segelas air, haluskan lalu hidangkan.

JUS TOMAT MANGGA
Bahan:
2 buah tomat merah ukuran sedang
1 buah mangga
½ mangkuk pepaya yang telah dipotong-potong

Cara Membuat:
Tomat dibersihkan lalu dipotong-potong. Taruh ke dalam mangkuk, lalu tuang segelas air panas biar tomat menjadi semakin merah. Kupas dan potong mangga. Setelah tomat dingin, masukkan semua bahan ke dalam blender, berikut air rendaman tomat. Haluskan lalu hidangkan.

JUS MELON
Bahan:
1 mangkuk melon yang telah dipotong-potong
1 gelas susu kedelai

Cara Membuat:
Masukkan melon bersama susu kedelai ke dalam blender, lalu haluskan. Jika susu kedelai tawar, tambahkan 3 sendok makan madu, lalu hidangkan.

Selamat mencoba jus demam berdarah

Komentar Seputar jus demam berdarah

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close