Gejala kanker usus tidak selalu akan hadir pada tahap awal pembentukan kanker. Gejala kanker usus, biasanya tidak akan muncul sampai kanker usus tersebut berlanjut hingga stadium akhir. Karena hal ini lah, sebaiknya anda apabila merasakan ada yang salah dengan usus anda, sebaiknya dilakukan skrining kanker usus. Kanker usus dapat disembuhkan dengan cepat apabila masih pada awal gejala kanker.

Berikut adalah ciri-ciri gejala kanker usus:

Darah dalam feses / tinja.
Adanya darah dalam feses / tinja anda merupakan gejala kanker usus yang paling umum. Akan tetapi, bukan berarti apabila ketika anda buang air besar dan ada darahnya maka anda terkena kanker usus. Gejala pendarahan pada waktu buang air besar pun dapa pula merupakan gejala penyakit wasir / hemmorhoid. Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan ahli pengobatan apabila ada masalah dengan feses atau tinja anda.

Buang air besar sedikit.
Gejala kanker usus lainnya adalah apabila anda sering buang air besar dan feses / tinja anda hanya sedikit atau tipis. Gejala susah buang air besar dan apabila buang air besar nya hanya sedikit kemungkinan ada obstruksi – sesuatu yang menghalangi di usus anda. Bisa saja hal yang menghalangi usus anda tersebut adalah tumor usus dan atau polip usus.

Sembelit / konstipasi.gambar gejala kanker usus
Sembelit atau konstipasi merupakan gejala non spesifik dari gejala kanker usus. Sering mengalami sembelit merupakan gejala dari banyak hal. Bisa saja hal itu termasuk kedalam kategori gejala kanker usus atau hanya penyakit sembelit biasa. Dalam referensi tentang kanker usus besar, terjadinya sembelit dikarenakan adanya tumor yang menghalangi usus besar.

Merasa perut kenyang terus.
Perut terasa seperti kenyang walaupun belum makan dan atau merasa ingin buang air besar terus walaupun ketika anda melakukannya tidak ada yang terbuang, bisa jadi hal ini merupakan salah satu gejala kanker usus. Gejala ini biasanya timbul, karena adanya kanker di usus besar anda. Sehingga perut merasa kenyang dan atau seakan-akan ingin buang air besar terus menerus.

sakit pada bagian perut.
Sakit pada bagian perut pun merupakan gejala yang samar dari gejala kanker usus. Hal ini terjadi ketika usus besar diblokir oleh tumor. Mual pada bagian perut pun biasanya terjadi apabila di usus besar kita terdapat tumor. Karena tumor tersebut menghalangi kinerja pengeluaran gas pada usus besar kita.

Badan sering merasa lelah.
Kelelahan yang berlangsung berhari-hari dapat menunjukan terhadap penderitanya, bahwa dia mempunyai penyakit yang cukup kronis. Dalam kaitannya dengan gejala kanker usus, kelelahan terjadi karena anemia, karena kehilangan darah dalam feses / tinja. Seperti gejala lain dalam gejala kanker usus, kelelahan adalah gejala samar dan dapat terkait dengan banyak kondisi yang juga kurang serius lainnya. Lain halnya apabila kelelahan berlangsung cukup lama.

Semoga dengan adanya artikel ini anda semua dapat mengenal lebih jauh tentang gejala kanker usus.

Satu Komentar

  1. 3-31-2013

    Gejala kanker usus besar diatas cocok dengan yang dialami ayah saya (Alm.). Faeses sedikit2 dan BAB sering dan sakit. Akhirnya usus di operasi dipotong 1 meteran di rumah sakit. Sembuh sementara.Tapi karena kangker sudah metastasi kemana mana,termasuk ke paru2,akhirnya tidak tertolong lagi dan meninggal di usia 72 th.

Komentar Seputar Informasi Gejala Kanker Usus

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close