Gonorea atau kencing nanah, yang termasuk dalam penyakit infeksi menular seksual, dikabarkan dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih hingga dua kali lipat pada pria. Ilmuwan dari Harvard School of Public Health di Massachusetts, Amerika Serikat, yang memantau kesehatan 51.529 orang, menemukan 286 kasus kanker kandung kemih pada pria yang terinfeksi penyakit menular seksual gonorea.
gonorea
Kami menemukan, pria yang memiliki catatan pernah terkena penyakit infeksi menular seksual gonorea berisiko dua kali lebih besar terkena penyakit kanker kandung kemih, ujar Dr. Dominique Michaud, ketua tim peneliti dalam laporannya di British Journal of Cancer.

Kanker kandung kemih merupakan penyakit kanker nomor sembilan yang umum menyerang manusia di seluruh dunia. Demikian menurut International Agency for Research on Cancer (IARC) di Lyon, Perancis.

penyakit infeksi menular seksual Gonorea adalah penyakit yang dapat menyebabkan peradangan lokal pada daerah yang diserangnya. Gejalanya seperti pembuangan yang tidak bersih pada kandung kemih. Peradangan dan gejala yang berkaitan tersebut dapat menjadi penyebab kanker kandung kemih, kata Michaud.

Prof. John Toy dari Charity Cancer Research, Inggris, mengatakan penemuan ini memperkuat dugaan adanya hubungan antara penyakit infeksi menular seksual gonorea dengan penyakit kanker kandung kemih pada pria. Langkah berikut adalah mencari tahu apakah meningkatnya risiko disebabkan langsung oleh penyakit infeksi menular seksual gonorea atau gejala-gejalanya, sebutnya.

Komentar Seputar Gonorea Dan Kanker Kandung Kemih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close