Gejala penyakit jantung menjadi satu di antara beberapa informasi tentang penyakit jantung yang cukup penting untuk diketahui. Informasi ini akan membantu Anda mendeteksi ada atau tidaknya penyakit jantung di dalam tubuh secara dini. Anggap saja gejala penyakit jantung adalah sebagai sebuah “peringatan”.

Umumnya, dan hampir sebagian besar, penyakit selalu menyertakan gejala ketika ia “masuk” ke dalam tubuh manusia. Karena pada dasarnya, penyakit itu adalah masalah, sebuah tanda adanya ketidakberesan pada organ tubuh, baik sistem maupun organ tubuh itu sendiri. Gejala penyakit jantung dalam hal ini pada akhirnya semakin menambah panjang deretan gejala-gejala penyakit yang ada diderita oleh tubuh.

Mengabaikan Gejala Penyakit Jantung = Tidak Bersyukurgambar gejala penyakit jantung

Penyakit jantung tergolong sebagai satu di antara jenis penyakit yang tergolong berat. Oleh karena itu, gejala penyakit jantung juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Jangan sepelekan tanda yang menjurus ke arah situ sedikitpun, segera cari informasi tambahan tentang penyakit jantung ke ahli pengobatan penyakit jantung merupakan langkah bijak yang dapat anda lakukan.

Mengetahui adanya suatu penyakit dalam tubuh terkadang mampu membuat mental menjadi drop. Terlebih jika penyakit yang diderita ternyata menyerang organ vital dan pada akhirnya berpredikat sebagai penyakit berat. Penyakit yang menyerang jantung adalah salah satu contoh penyakit berat yang akan mampu membuat siapapun kaget dan bahkan tidak terima.

Sikap seperti itu pada akhirnya berimbas pada turunnya semangat menjalani hidup. Hal-hal yang seharusnya dilakukan untuk membuat gejala penyakit jantung segera mendapatkan diagnosa, pada akhirnya tidak dilakukan. Dan tanpa sadar, sikap seperti itulah yang membuat suatu penyakit bertambah kronis dalam waktu yang tergolong cepat.

Ada juga orang yang bersikap malah pura-pura tidak merasakan adanya gejala suatu penyakit di dalam tubuh mereka, termasuk gejala penyakit jantung. Ya, alasannya itu tadi. Mereka takut untuk menghadapi kenyataan bahwa secara medis, jantung mereka tengah mengalami masalah. Tipe orang tersebut takut menghadapi vonis bahwa dia mengidap penyakit jantung. Dan itu justru tanpa sadar telah membahayakan nyawanya sendiri.

Gejala penyakit jantung yang jelas-jelas dirasakan pun dipungkirinya. Merasakan sakit bilangnya tidak. Hingga pada akhirnya, penyakit tersebut masuk dalam tahap akut dan pengobatan pun akan semakin memakan waktu. Kesembuhan menjadi hal yang jauh dari kenyataan. Jika sudah dalam keadaan seperti itu, menyesal sama sekali tidak membantu.

Tubuh itu “sudah baik”, organ-organ ini memberikan sebuah sinyal. Melalui gejala-gejala penyakit, termasuk gejala penyakit jantung,  organ tubuh berusaha memberitahu si empunya, bahwa ada sesuatu yang tidak beres terjadi pada “mereka”. Dan sebaiknya, kerjasamalah, karena sesungguhnya, itu akan sangat membantu penyembuhan penyakit yang Anda derita.

Sama sekali tidak ada salahnya memerhatikan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh. Karena bagaimanapun, Tuhan telah “mengatur” itu semua. Jika Anda tergolong orang dengan sikap seperti di atas, mengabaikan gejala penyakit jantung yang jelas-jelas tengah dirasakan, maka tidak berlebihan rasanya kalau Anda digolongkan sebagai orang yang tidak menyayangi diri sendiri, dan tidak bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan.

Gejala Penyakit Jantung – Hati-hati dengan Nyeri di Dada yang Tidak Biasa!

Seperti yang telah diketahui secara luas, fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan dua serambi dan dua bilik, jantung menjalankan tugasnya sebagai organ yang mendistribusikan kandungan oksigen dalam darah ke sel-sel tubuh yang ada di tubuh kita. Adanya gangguan pada jantung mengindikasikan adanya gejala penyakit jantung pada tubuh Anda.

Gejala penyakit jantung sangat bisa dirasakan dan ditafsirkan. Karena, jantung sendiri adalah organ vital dalam tubuh manusia. Ketika, sesuatu terjadi pada organ vital, maka itu akan sangat memengaruhi metabolisme dari organ-organ tubuh yang lain. Berbeda jika yang mengalami masalah adalah organ tubuh yang tergolong tidak vital. Gejala penyakitnya mungkin tidak akan terlalu berpengaruh besar terhadap sistem kerja tubuh secara keseluruhan.

Lalu, apa saja gejala penyakit jantung yang bisa dirasakan dan ditafsirkan tersebut? Berikut adalah penjelasannya!

1. Gejala Penyakit Jantung – Dada Terasa Nyeri

Jangan anggap sepele jika dada Anda sering merasakan nyeri. Terlebih jika rasa nyeri tersebut seringkali datang tiba-tiba dan biasanya berakhir dalam hitungan detik. Karena itu bisa jadi adalah gejala penyakit jantung. Rasa sakit atau nyeri pada dada tersebut tentu saja ada penyebabnya. Penyebabnya adalah kurangnya pasokan darah pada otot di sekitaran jantung.

Aliran darah yang kurang dan tidak memadai, sekaligus membuat asupan oksigen ke otot-otot tersebut juga tidak banyak. Tidak seimbangnya jumlah oksigen dan hasil dari metabolisme tubuh menyebabkan otot di sekitaran jantung menjadi kram. Dan sakit pada dada yang disebabkan karena hal ini adalah salah satu gejala penyakit jantung yang bisa Anda deteksi secara dini.

Gejala penyakit jantung berupa sakit pada dada ini berbeda untuk setiap individu. Bahkan ada beberapa orang yang tidak merasakan kesakitan sama sekali ketika ini terjadi. Dalam istilah kedokteran  dikenal dengan sebutan silent ischemia.

2. Gejala Penyakit Jantung – Sesak Nafas

Sesak nafas juga harus diwaspadai sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Biasanya, gejala ini berkenaan dengan gagalnya fungsi jantung yang tidak bisa bekerja dengan sempurna. Menutup serta membuka katup jantung yang tidak beraturan menyebabkan rongga udara pada paru-paru termasuki cairan. Gejala penyakit jantung yang satu ini hampir mirip dengan penyakit asthma.

3. Gejala Penyakit Jantung – Lemas

Gejala penyakit jantung yang satu ini masih disebabkan oleh kerja jantung yang tidak optimal. Darah yang dipompa tidak mengalir dengan sempurna akibat kerja jantung yang terganggu menyababkan penderita merasakan lemas dan cenderung cepat merasa lelah. Untuk mengurangi gejala ini, sebaiknya segera hentikan semua kegiatan Anda. Dan beristirahatlah barang sejenak.

4. Gejala Penyakit Jantung – Jantung Berdetak Cepatgejala penyakit jantung

Jantung yang berdetak kali ini bukan tanda-tanda Anda tengah jatuh cinta, tapi karena adanya gejala penyakit jantung dalam tubuh Anda. dalam istilah kedokteran, jantung yang berdebar lebih kencang ini dikenali dengan istilah palpitasi. Gejala penyakit jantung yang satu ini akan membuat Anda merasa kelelahan yang hebat. Lagi-lagi, beristirahat sejenak, hentikan rutinitas Anda adalah hal yang bisa dilakukan agar gejala ini tidak sampai membuat jatuh pingsan.

5. Gejala Penyakit Jantung – Pingsan

Aliran darah yang tidak merata, terutama terjadi di sekitar daerah otak, secara langsung bisa mengakibatkan turunnya tingkat kesadaran. Anda akan pusing terlebih dahulu, kemudian pingsan. Gejala penyakit jantung yang satu ini kadang samar dengan kelelahan biasa. Jika frekuensi pingsan Anda cukup sering, sebaiknya segera hubungi ahli pengobatan penyakit jantung.

6. Gejala Penyakit Jantung – Seperti Maag

Hati-hati, gejala penyakit jantung yang satu ini cukup mengecoh. Anda yang merasa tidak pernah memiliki penyakit maag sebelumnya kemudian merasa sakit di bagian lambung, sebaiknya waspada. Bisa jadi itu adalah gejala penyakit jantung.

Rasa sakit di dada, jantung berdebar, cepat lelah, pingsan, dan sakit di lambung atas adalah beberapa gejala penyakit jantung yang harus Anda waspadai. Gejalanya memang mirip-mirip dengan masuk angin biasa. Jika memang anda telah di vonis mengidap penyakit jantung, obatilah dengan segera. Jangan di tunda, pengobatan penyakit jantung pada tahap awal, semakin mudah dan cepat penyembuhannya.

Komentar Seputar Gejala Penyakit Jantung

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close