Anda pernah mendengar penyakit hepatitis A. mungklin pernah. Hepatits adalah sebutan umum yang bisa mengandung arti radang hati. Berarti penyakit hepatits ialah sebuah penyakit yang menyerang sel hati. Penyakit hepatitis ini bisa di sebabkan oleh infeksi dari alcohol , pengobatan tertentu, kimia, atau racun atau dari kesalahan dari system imun. Lalu apa saja gejala hepatitis A ini? Mungkin sebelum melihat lebih jauh mengenai gejala hepatitis A, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu mengenai penyakit Hepatitis A ini yang ternyata merupakan penyakit radang hati yang disebabkan oleh Virus hepatitis A. Tidak seperti penyakit hepatitis lainya, penyakit hepatitis A ini tidak menyebabkan kronis atau sejenis penyakit akut. Walaupun sel hati akan terjadi radang, penyakit ini di sebagian besar akan tersembuhkan secara total tanpa menimbulkan kerusakan lebih lama. Sekali penyakit ini menyerang maka secara otomatis system kekebalan tubuh akan membuat system kekebalan untuk jangka panjang dan tidak akan terjangkit penyakit yang sama lagi.

Penyebab penyakit hepatitis A terdapat di tinja atau kotoran dari seseorang yang terkontaminasi dengan virus hepatitis ini. Dan akan menular jika seseorang memasukkan sesuatu kedalam mulut yang telah terkontaminasi dengan kotoran dari penderita penyakit hepatitis. Jika makanan atau minuman terkontaminasi dengan kotoran dari penderita maka virus ini dapat menyebar dengan cepat ke siapapun yang menelan atau meminum makanan atau minuman. Virus juga dapat menyebar dengan memakan makanan yang kurang matang yang di ambil dari air yang telah terkontaminasi. Dan virus ini juga bisa di sebabkan oleh tranfusi darah walaupun sangat jarang sekali terjadi.

Kebanyakan orang dengan infeksi HIV tidak memiliki gejala hepatitis A sama sekali. Terkadang gejala hepatitis A ini sangat halus sehingga terkadang tidak disadari jika telah terkena penyakit ini. Gejala hepatitis A lebih cenderung terlihat pada orang dewasa, dibandingkan dengan gejala hepatitis A pada anak-anak. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa tidak memiliki gejala hepatitis A bukan berarti tidak dapat menyebarkan virus ini.

Gejala hepatitis A biasanya berkembang antara 2 – 6 minggu setelah infeksi. Dan gejala ini biasanya tidak terlalu parah bahkan akan menghilang begitu saja seiring berjalannya waktu. Gejala hepatitis A yang umum adalah demam yang berkepanjangan selama penyakit ini berlangsung serta sakit di sekitar ulu hati; hal ini terjadi karena penyakit ini memang menyerang sel hati sehingga sudah pasti penderitanya bakal mengalami rasa sakit di ulu hati.gejala hepatitis A

Gejala hepatitis A lainnya yang di derita oleh penderita penyakit hepatitis adalah penurunan berat badan karena biasanya orang yang terkena penyakit hepatits A ini mengalami penurunan dalam nafsu makan. Ika ini terjadi maka penderita akan mudah terkena penyakit kelelahan. Yang paling terlihat untuk gejala penyakit ini ialah adanya perubahan pada warna kulit dan warna pada bola mata, warna kulit dan warna pada bola mata ini akan cenderung menjadi kuning, dan warna urin akan berwarna coklat. Seperti minuman cola dan warna the. Dehidrasi juga bisa muncul pada saat penyakit ini berlangsung merasa lelah. Bingung atau tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan. Terkadang juga terasa jantung berdetak dengan kencang, sakit kepala, buang air kecil frekuensi kurang dari normal. Gejala hepatitis A ini biasanya berlangsung kurang dari 2 bulan, walaupun ada yang berlangsung hingga 9 bulan.

Penyakit hepatitis A ini mungkin gejalanya lebih cenderung terlihat pada orang dewasa bukan pada anak-anak, tapi bukan berarti anak-anak tidak memerlukan perhatian khusus, justru sebaliknya, persiapkan segalanya agar anak anda tidak terserang penyakit hepatitis ini dengan memperhatikan kebersihan dari lingkungan dan memperhatikan makanan dan minuman yang di makan oleh anak-anak.
Dengan memberinya imunisasi sejak dini mungkin merupakan langkah awal dalam mencegah terkena penyakit ini. Mengetahui gejala hepatitis A adalah penting dan yang lebih penting lagi memberinya kekebalan yang di butuhkan agar tidak terkena oleh penyakit hepatitis ini, biar bagaimanapun mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Anda setuju..?

Komentar Seputar Beberapa Gejala Hepatitis A Untuk Dipelajari

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close