Asam urat menjadi suatu penyakit yang lumayan cukup banyak dikeluhkan. Penderitanya lintas kelamin, tidak pria tidak wanita, semuanya rentan terhadap penyakit yang satu ini. Permasalahan yang kemudian muncul adalah, tidak semua menyadari atau mengenali gejala asam urat itu sendiri. Dan itu berpotensi membuat upaya pengobatan penyakit asam urat pun menjadi terlambat.

Pentingnya Mengetahui Gejala Awal Sebuah Penyakit

Ketika berurusan dengan penyakit, selain pengobatan dan pencegahan, mengenali seluk-beluk penyakit itu sendiri juga merupakan hal yang penting. Pun ketika membicarakan tentang asam urat. Seluk-beluk seperti misalnya gejala asam urat menjadi informasi yang cukup penting untuk diketahui.

Informasi mengenai apa saja kriteria yang termasuk dalam gejala asam urat idealnya bukan hanya diketahui oleh mereka yang memang sudah divonis menderita itu. Tapi juga untuk mereka yang berada di luar “kawasan” penyakit ini. Karena bagaimanapun, informasi mengenai suatu penyakit akan sangat berguna.asam urat

Informasi mengenai suatu gejala penyakit, termasuk gejala asam urat tentu sangat penting. Hal tersebut rasanya tidak perlu ditanyakan lagi mengapa. Karena jelas, gejala suatu penyakit merupakan tanda-tanda atau ciri-ciri adanya suatu penyakit dalam tubuh. Ibaratnya, gejala penyakit adalah tanda pengenal. Identitas dari suatu penyakit.

Pada saat Anda pergi berobat untuk memeriksakan gangguan kesehatan, hal pertama yang dijadikan patokan bagi pengobat saat mendiagnosis penyakit tidak menutup kemungkinan adalah gejala awal dari satu penyakit itu sendiri. Baru setelah itu, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Cek darah dan lain sebagainya. Setelah itu, barulah jelas diketahui jenis penyakit apa yang diderita. Tahap logisnya seperti itu, bukan?

Untuk penyakit asam urat, tindakan awal yang bisa Anda lakukan sesaat setelah menyadari adanya gejala asam urat dalam tubuh adalah mulai memerhatikan pola makan. Bukan hanya porsi tapi juga berkaitan dengan kandungan di dalam makanan yang akan Anda konsumsi. Karena secara umum, sesungguhnya semua penyakit bersumber pada perut, dalam hal ini makanan.

Tubuh pada dasarnya memberikan banyak sinyal pada kita. Sinyal tersebut mengabarkan jika ada sesuatu hal yang tidak beres. Terutama berkenaan dengan ada atau tidaknya suatu penyakit di dalam tubuh. Sebuah tanda yang tidak bijak jika diabaikan. Seperti halnya pada gejala asam urat ini. Lalu, apa saja gejala asam urat yang paling umum?

Gejala Asam Urat Secara Umum

Membicarakan gejala asam urat sudah barang tentu membicarakan penyakit asam urat itu sendiri. Sebagian orang yang kebetulan mengalami asam urat, pasti tahu betul seperti apa rasanya penyakit asam urat dan bagaimana gejalanya. Khusus untuk Anda yang belum begitu paham, berikut adalah tanda-tanda atau gejala asam urat pada tubuh.

1. Gejala Asam Urat – Terasa Ngilu, Linu, Nyeri dan Kesemutan di Sendi

Gejala asam urat umum dan yang paling mudah diidentifikasi adalah rasa nyeri di bagian sendiri. Antara ngilu dan linu bercampur jadi satu di daerah-daerah persendiri. Khususnya di bagian-bagian persendian tubuh yang kerap kali aktif dan banyak mendapatkan tekanan akibat gerakan. Seperti:

  • Sendi bagian lutut
  • Sendi pada pergelangan kaki, tangan
  • Punggung,
  • Sendi-sendi jari
  • Sendi daerah bahu
  • Pinggul
  • Siku
  • Bahkan, telinga

2. Gejala Asam Urat – Nyeri Pada Sendi yang Berulang

Rumusnya, jika Anda merasakan hal ganjil lebih dari sekali, maka bisa jadi hal tersebut adalah sinyal yang “meminta untuk diperhatikan”. Gejala asam urat pun demikian. Jika nyeri pada sendi, linu, ngilu dan kesemutan dirasakan berkali-kali bisa jadi itu adalah gejala asam urat. Gejala asam urat yang ini menyiksa Anda dua kali. Karena rasa sakitnya, sekaligus “pengulangannya.”

3. Gejala Asam Urat – Sendi yang Nyeri Membengkak dan Kemerahan

Jika Anda merasakan nyeri pada sendi tetapi tidak disertai dengan pembengkakan, Anda boleh sedikit bernafas lega. Karena itu biasanya hanya pegal-pegal yang umum. Berbeda jika sendi yang sakit diikuti dengan bengkak dan berubah warna, gejala asam urat bisa jadi mulai menampakkan dirinya.

4. Gejala Asam Urat – Persendian Sakit Untuk Bergerak

Gejala sam urat yang satu ini tentu saja terjadi. Bagaimana tidak, jika sendi sudah bengkak, memerah dan nyeri, tahap lanjutannya adalah sakit untuk dipakai bergerak. Dan gejala yang ini akan cukup menyulitkan aktivitas Anda.

5. Gejala Asam Urat – Rasa Sakit Kambuh di Waktu-waktu Tertentu

Ketika beberapa gejala asam urat di atas sudah dirasakan, genapkan dengan gejala selanjutnya. Ingat-ingat, kapan biasanya sakit pada sendi itu muncul dan mengganggu. Jika Anda tersiksa karena itu pada malam hari dan pagi hari saat bangun tidur, maka itu adalah gejala asam urat. Selain pada malam dan pagi hari, sendi yang terasa sakit saat cuaca tengah dingin adalah juga pertanda Anda memiliki asam urat.

Gejala Asam Urat Kronis

Bukan cuma penyakit kanker atau tumor yang bisa berubah status menjadi kronis, asam urat pun bisa. Gejalanya mungkin terdengar sepele, tidak mengganggu kesehatan organ vital. Tapi, jika asam urat sudah kronis, tetap saja itu membahayakan. Lalu, apa saja gejala asam urat yang sudah masuk dalam kategori parah?gejala asam urat

Sebenarnya, keterlaluan jika asam urat sudah berubah predikat menjadi parah. Itu tanda bahwa gejala asam urat tidak disikapi dengan serius. Jika sudah demikian, siap-siaplah merasakan sakit yang luar biasa pada daerah persendian.

Sakit akibat peradangan sendi, sebut saja demikian, bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan hari. Ada yang lebih parah, gejala asam urat itu bahkan bisa membuat si penderita merasakan sakit selama berminggu-minggu. Rasa sakit pada persendian tersebut bisa menyebabkan suhu badan menjadi naik. Demam pun akan semakin menambah derita Anda.

Selain itu, jika gejala asam urat tidak segera diobati, rasa sakit pada sendi itu akan mengendap dan berubah menjadi penyakit menahun. Hal tersebut tentu sangat menggangu aktivitas Anda, bukan? Sekalipun terkesan penyakit sepele, tapi jika sudah berurusan dengan tulang dan persendian, urusannya jadi lain.

Tentu saja, mengingat tulang adalah penopang badan, dan persendian adalah bagian tubuh yang memungkinkan kita untuk dapat bergerak bebas. Gejala asam urat yang tidak segera dicarikan solusinya akan sangat mengganggu Anda. Bayangkan saja, jika sendi sakit, ya, Anda tidak bisa melakukan aktivitas normal. Anda akan kesulitan berjalan karena pergelangan kaki terserang asam urat, sulit mengambil sesuatu karena pergelangan Anda sakit. Dan aktivitas-aktivitas dasar lainnya.

Jadi, kenali gejala asam urat lebih dini, agar upaya penyembuhan asam urat pun dapat segera dilakukan.

Komentar Seputar Gejala Asam Urat

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close