Gastritis adalah penyakit radang selaput lendir pada lambung. Ini dapat diartikan bahwa sel-sel darah putih pindah ke dinding perut sebagai respon terhadap beberapa jenis cedera pada lambung. Gastritis adalah penyakit yang sangat mengganggu dan dapat menimbulkan masalah yang mengancam di kehidupan orang banyak, apabila tidak diobati sebelum terlambat.

Untuk lebih mendalamnya lagi, gastritis adalah suatu kondisi di mana lapisan-perut yang dikenal sebagai mukosa-meradang. Pada manusia, lapisan perut mengandung sel khusus yang menghasilkan asam dan enzim, yang berfungsi untuk membantu memecah makanan untuk pencernaan, dan lendir, yang melindungi lapisan perut dari asam. Ketika lapisan perut meradang, otomatis sel khusus tersebut akan menghasilkan lebih sedikit asam, enzim, dan lendir.

Gastritis dapat bersifat akut atau kronis. Gastritis adalah penyakit lambung yang secara umum digolongkan menjadi dua jenis. Peradangan parah pada lapisan lambung yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba disebut gastritis akut. Sementara, peradangan pada lapisan lambung yang berlangsung untuk waktu yang lama disebut gastritis kronis. Apabila gastritis kronis tidak segera diobati, maka penyakit ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup.

Gastritis adalah penyakit yang terdiri atas beberapa kondisi kesehatan dimana ada peradangan pada lapisan perut anda. Jadi, gastritis bukan merupakan penyakit tunggal seperti kebanyakan penyakit umum lainnya. Seringnya, gastritis adalah hasil infeksi dari bakteri yang sama yang menyebabkan semua penyakit lambung lainnya. Namun, khusus untuk gastritis, juga ada faktor lain yang dapat menyebabkan menyebabkan gastritis – termasuk cedera traumatis dan penggunaan rutin obat-obatan tertentu atau obat anti-inflamasi.

Gastritis adalah penyakit yang memiliki banyak gejala. Gejala-gejala gastritis pada umumnya tergantung dari seberapa parah penyakit yang anda derita dan berapa lama itu telah lama berlangsung. Pada fase akut mungkin ada rasa nyeri atau menggerogoti yang konstan pada perut bagian atas. Sementara di fase kronis, mungkin hanya ada sedikit rasa sakit. Beberapa gejala utama dari gastritis adalah seperti yang tercantum di bawah ini:

• Nyeri pada perut

• Mual

• Rasa seperti terbakar di dalam perut

• Muntah

• Diare

• Perasaan kenyang atau ‘begah’

• Demam

• Kehilangan nafsu makan

• Bersendawa

• Kelelahan yang teramat sangat dan tidak wajar

Sedangkan beberapa gejala yang tidak terlalu sering ditemui pada gastritis adalah:

• Pendarahan gastrointestinal

• Adanya darah pada muntahan anda

• Ditemukannya darah pada feses atau tinja

• Feses/tinja yang berwarna hitam

Anehnya, hubungan antara gejala-gejala diatas dengan gastritis adalah tidak jelas. Kata gastritis adalah kata yang merujuk secara khusus untuk peradangan abnormal pada lapisan lambung. Pada banyak kasus, orang yang memiliki gastritis kemungkinan besar mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut bagian atas. Akan tetapi, ada cukup banyak orang dengan gastritis juga yang tidak memiliki gejala apapun. Oleh karena itu, gastritis adalah penyakit yang perlu mendapat perhatian ekstra dan kita membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk mengenalinya.

Gastritis adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk infeksi, cedera, dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh anda.

Beberapa penyebab utama dari gastritis adalah seperti yang saya paparkan di bawah ini:

• Penyebab utama dari gastritis adalah dari munculnya Helicobacter Pylori. Bakteri yang dikenal sebagai bakteri sama yang dapat menyebabkan penyakit tukak lambung

• Penyebab lain yang acap ditemui juga untuk gastritis adalah makan yang tidak teratur atau berlebihan – karena merupakan kebiasaan yang sangat umum dari orang-orang yang makan berlebihan-lebihan, untuk makan kombinasi makanan yang salah atau makanan yang tidak dimasak serta makan banyak makanan yang terlalu pedas

• Infeksi bakteri atau virus.

• Penggunaan obat-obatan seperti aspirin, kortison non-steroid dan anti-inflamasi

• Khawatir, kecemasan, kesedihan, dan ketegangan berkepanjangan

• Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan gastritis.

• Asam yang kuat, dan zat kaustik juga merupakan penyebab gastritis

Tes diagnostik yang paling umum dilakukan untuk gastritis adalah endoskopi dengan biopsi lambung. Dokter biasanya akan memberikan obat pasien untuk mengurangi ketidaknyamanan dan kecemasan sebelum memulai prosedur endoskopi. Dokter kemudian akan memasukkan endoskopi, tabung tipis dengan kamera kecil di ujungnya, melalui mulut atau hidung pasien dan masuk ke perut. Dokter menggunakan endoskop untuk memeriksa lapisan kerongkongan, perut, dan bagian pertama dari usus kecil. Jika perlu, dokter akan menggunakan endoskop untuk melakukan biopsi, yang melibatkan pengumpulan sampel kecil jaringan untuk pemeriksaan dengan mikroskop.

 

Akhir kata, untuk kita tarik kesimpulannya, gastritis adalah penyakit yang merujuk secara khusus pada peradangan abnormal pada lapisan lambung. Namun, kadang-kadang orang keliru dengan menyimpulkan gastritis adalah penyakit yang gejalanya pasti berupa nyeri atau ketidaknyamanan di perut bagian atas. Padahal ada cukup banyak orang yang memiliki gejala nyeri pada perut bagian atas ternyata tidak memiliki gastritis.

Komentar Seputar Gastritis Adalah Penyakit Radang Selaput Lendir

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close