Dapur selain tempat memasak berbagai macam makanan, bisa juga menjadi gudang obat. Sebab di dalam dapur ada berbagai macam jenis bumbu yang bisa dipakai sebagai obat. Jadi dapur tak kalah komplitnya dengan apotek yang menyimpan berbagai macam jenis obat.

Apotek dan toko obat memang menjual banyak obat bebas untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun sebelum beranjak keluar rumah, pertimbangkan bahwa sebenarnya dapur juga bisa menjadi gudang obat.

Misalnya sekedar untuk mengatasi luka gores atau memar, coba gunakan madu dan cuka apel yang ada di dapur. berikut ini adalah beberapa bahan bermanfaat lainnya yang mudah ditemukan di dapur:

Garam untuk mengatasi athlete’s foot

Larutan garam bisa menghasilkan lingkungan yang tidak disukai oleh jamur, mencegah keringat berlebih dan melembutkan kulit. Rendam kaki dengan larutan 2 sendok teh dalam setengah liter air hangat, lalu diamkan 5-10 menit. Selain melembutkan kulit, merendam kaki dengan air bergaram bisa juga menghilangkan sedikit pegal-pegal pada kaki.

Lemon untuk mengatasi bercak hitam di wajah

Potong buah lemon lalu tempelkan langsung di bercak hitam akibat proses penuaan, lalu diamkan 10-15 menit. Jika rutin dilakukan, hasilnya akan tampak dalam 6-12 pekan. Hati-hati, sebab penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkna lapisan terluar kulit mengelupas.Kandungan asam pada lemon bisa membantu mencerahkan bagian-bagian tersebutdapur gudang obat

Madu untuk menyembuhkan luka gores

Pemanis alami ini mengandung 3 komponen untuk menyembuhkan luka yaitu gula untuk menyerap kelembaban sehingga bakteri tidak tumbuh, hidrogen peroksida untuk mencegah indeksi, senyawa propolis dari nektar untuk membunuh bakteri. Selain itu, madu akan membentuk semacam perban alami saat mengering di permukaan luka.Selain menyembuhkan luka gores, minum madu yang teratur setiap hari, bisa menyegarkan tubuh.

Minyak zaitun untuk mengatasi eksim

Sering digunakan sebagai basis pelembab karena mengandung antioksidan yang mencegah inflamasi. Bisa juga digunakan sendirian, dengan cara mengoleskan 1 sendok teh di permukaan kulit. Untuk mengobati eksim, diamkan sepanjang malam dan tutup dengan plastik.

Susu untuk mengatasi gelisah

Untuk menenangkan diri, segelas susu hangat sebelum tidur akan sangat membantu. Susu banyak mengandung triptofan, salah satu jenis asam amino yang bisa membantu relaksasi pikiran. Susu mengandung potassium, yang dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi, juga dapat mencegah penyakit darah tinggi dan penyakit jantung.

Cuka apel untuk mengatasi luka memar

Cuka apel atau aple cider vinegar merupakan antiradang alami yang sangat baik. Oleskan sedikit pada katun, lalu gosokkan langsung ke kulit yang memar. Bisa juga dicampur dengan putih telur dan petroleum jelly agar lebih manjur.

Cuka apel juga dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan bermanfaat sebagai astringent pada kulit yang berminyak. Campurkan cuka apel dengan cairan pelembab yang biasa Anda guinakan sehari-hari sebelum melakukan rutinitas, niscaya wajah Anda lebih bersih.

Jahe untuk mengatasi sakit perut

Rimpang ini sudah lama dikenal ampuh emngatasi masalah gastrointestinal atau pencernaan, mulai dari mabuk kendaraan hingga morning sickness karena kehamilan. Seduh dengan air panas, atau campur dengan teh agar lebih nikmat.

Jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi anda. Selain itu di dalam jahe terkandung senyawa yang bernama gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang mampu mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan.

Komentar Seputar Dapur Sebagai Gudang Obat

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close