Ciri-ciri hepatitis sangat perlu diwaspadai oleh setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki aktifitas sangat tinggi; karena penyakit hepatitis dapat menyerang siapa saja. Salah satu cara untuk mengenali ciri-ciri hepatitis secara lebih dini adalah dengan memeriksakan diri ke laboratorium. Selain itu, ciri-ciri hepatitis juga dapat diketahui dengan memperhatikan serta merasakan gejala-gejala yang ditimbulkan yang dapat kita lihat pada keseharian orang tersebut.

mengenali ciri-ciri hepatitis

mengenali ciri-ciri hepatitis

Setelah mengetahui jika seseorang mengalami salah satu dari ciri-ciri Hepatitis harus segera mencari cara penyembuhan yang tepat untuk menghindari maupun menghambat penyakit ini agar tidak menjalar ke bagian-bagian organ tubuh lainnya. Penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus dan menyerang sistem imun atau antibodi pada kekebalan tubuh ini memiliki berbagai macam ciri yang antara lain seperti di bawah ini:

– Sering merasa mual yang bukan diakibatkan oleh gejala maag atau pun masuk angin
– Sering terasa sakit pada bagian kepala, tapi sakit kepala di sini bukan sakit kepala seperti migrain.
– Terlihat pembesaran pada perut bagian atas yang letaknya dekat dengan dada.
– Berat badan anda yang tadi nya seimbang menjadi menurun bahkan pada sebagian orang penurunannya bisa dibilang drastis.
– Apabila anda sering merasa gelisah, mudah marah, bahkan anda merasa depresi, itu juga menjadi bisa menjadi salah satu dari ciri-ciri hepatitis yang akan atau menyerang pada jaringan tubuh anda.
– Selain hal itu, ketika atau setelah anda beraktifitas, meskipun aktifitas itu tidak terlalu banyak, anda merasa sangat cepat lelah, dan anda pun menjadi malas dan sering tidur.
– Pada Hepatitis B, dapat dikenali ciri-ciri hepatitis ini dari warna air seni atau urine yang dikeluarkan adalah berwarna agak gelap, merasakan rasa sakit pada lingkup hati, bahkan sakit pada bagian hati ini terasa nyeri, serta anda mengalami demam yang cukup tinggi.

Perubahan yang signifikan dan yang sangat terlihat yang merupakan salah satu ciri-ciri hepatitis yang menyerang pada tubuh dapat dilihat pada kulit tubuh, bagian putih pada mata yang berubah menguning serta bagian kuku anda berubah warna menjadi warna kuning. Ciri lainnya adalah perut bagian atas yang letaknya dekat dengan dada membesar disertai dengan rasa nyeri.

Ciri-ciri hepatitis lainnya yang dapat dideteksi oleh anda sendiri adalah ketika memandang atau melihat sesuatu, pandangan anda berubah menjadi kabur. Hal ini sangat berbahaya terlebih lagi jika anda sedang melakukan perjalanan atau mengemudikan kendaraan. Selain itu, ciri-ciri hepatitis juga dapat dilihat dari bagian kaki yang membengkak.

Untuk mengetahui ciri-ciri hepatitis lainnya secara lebih jelas Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya agar memperoleh gambaran yang jelas baik mengenai ciri-ciri hepatitis maupun penyakit haptitis itu sendiri. Selain itu, Anda juga mengetahui bagaimana cara menghadapi ciri-ciri hepatitis tersebut serta mencari tahu pengobatan terbaik apa yang sesuai dengan Anda.

Ciri-ciri hepatitis ini sangat perlu diketahui, karena ada teori yang mengatakan bahwa penyakit hepatitis ini lebih berbahaya dari HIV AIDS, hal ini dikarenakan virus yang dibawa oleh penyakit hepatitis ini sangat cepat merasuki rongga – rongga kekebalan tubuh sehingga sampai kepada hati dan bahkan hati akan dapat rusak yang disebabkan oleh virus dari hepatitis ini. Oleh karena hal – hal itu lah alasan mengapa ciri-ciri hepatitis sangat perlu diketahui oleh setiap orang. Dan jika anda merasakan gejala – gejala dari salah satu ciri-ciri hepatitis yang telah disebutkan, sebaiknya lah anda sesegara mungkin memeriksakan diri ke ahlinya agar dapat berkonsultasi tentang bagaimana menghentikan penyebaran penyakit hepatitis ke dalam tubuh anda.

Normalnya pemeriksaan tes laboratorium terhadap orang-orang yang telah terdapat ciri-ciri hepatitis,berupa pemeriksaan darah; gunanya untuk konfirmasi diagnosis dan menilai kerusakan jaringan hati. Pemeriksaan darah/fungsi hati berupa:
• Kadar bilirubin
• SGPTciri ciri hepatitis
• SGOT
• Gamma-GT
• Alkaline phosphatase

Dan jika ada kecurigaan kanker hati, diperiksa juga alpha-feto protein (AFP). Dari pemeriksaan fisik dan hasil laboratorium itulah ahli medis bisa memastikan pasien menderita hepatitis. kini dengan adanya alat skrining hepatitis, setiap pasien dapat segera terdeteksi apakah dirinya kena hepatitis.

Jangan pernah sama sekali menganggap remeh apabila anda sudah mempunyai gejala ciri-ciri hepatitis, jika tidak dengan segera ditanggulangi efek panjang terhadap orang yang telah memiliki ciri-ciri hepatitis dapat berakibat kepada hepatitis kronik yang menjurus ke arah gagal hati dan atau sirosis hati. Efek jangka panjang lainnya:

• Encephalopathy, yaitu memburuknya fungsi otak yang dapat berlanjut menjadi kondisi koma.
• Gastrointestinal bleeding, yaitu perdarahan pada gastrointestinal, termasuk esophageal varices yang merupakan pembesaran vena yang abnormal pada esophagus dan di dalam perut.
• Kanker hati
• Peptic ulcers yang mengikis lapisan perut/lambung.

Jadi, setelah membaca artikel di atas, apakah anda sudah cukup mengenal ciri-ciri hepatitis?

Komentar Seputar Ciri-ciri Hepatitis Sangat Perlu Diketahui

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close