Mari sayangi punggung kita dengan memperkuat otot perut. Kenapa otot perut? Sebab otot perut yang kuat akan menyangga punggung secara benar. Meski begitu, seyogyanya kita memperhatikan kegiatan sehari-hari untuk menghindari sakit punggung.

Berikut ini posisi yang disarakan oleh para ahli kesehatan untuk kesehatan punggung dan mencegah terjadinya sakit punggung pada tubuh anda.

  1. Mengangkat benda. Tekuk lutut Anda dan jaga agar punggung tetap tegak ketika mengangkat sesuatu. Gunakan kaki untuk mendorong tubuh ke atas dan tetap tegak. Sangga barang itu agar dekat dengan dada. Jangan angkat melebihi bahu.
  2. Duduk. Jaga agar posisi lutut tetap lebih tinggi daripada pinggul saat duduk. Anda butuh penyangka kaki untuk menjaga posisi itu. Jangan mencondongkan tubuh ke depan. Gunakan sandaran kursi untuk menyangga punggung. Tambahan penyangga punggung dapat memperbaiki postur dan kenyamanan. sakit punggung
  3. Menyetir. Pertahankan posisi kursi agar dekat dengan setir sehingga posisi lutut lebih tinggi dari pinggul. Tembahan penyangga punggung dapat memperbaiki postur dan kenyamanan Anda, khususnya saat perjalanan jauh.
  4. Berdiri. Sering-seringlah berganti posisi. Jika terpaksa berdiri pada satu posisi dalam waktu cukup lama, tempatkan satu kaki di penyangga kaki dan secara periodik ubah kaki. Ini akan mengurangi tekanan pada punggung dan mengurangi nyeri.
  5. Berjalan. Kenakan sepatu yang nyaman dengan tumit rendah dan empuk.
  6. Tidur. Kebiasaan tidur yang buruk dapat menyebabkan sakit punggung. Usahakan tidur di atas matras empuk tetapi cukup kuat untuk menyangga punggung. Posisi fetal alias posisi tidur menyamping dengan lutut tertekuk dan ada bantal di sela-sela lutut adalah posisi tidur terbaik. Anda juga dapat tidur dengan bantal diletakkan di bawah lutut. Hindari posisi tidur tengkurap. Jika suka tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah tulang panggul. Jangan letakkan bantal di bawah perut. Selamat mencoba.

Komentar Seputar Cegah Sakit Punggung

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close