Kehidupan modern tak hanya membuat stres pada tubuh, tetapi juga mata. Lakukan hal-hal sederhana di bawah ini untuk menjaga kesehatan mata anda.

Periksa Mata setiap 12 bulan.
Masalah penglihatan bisa memburuk. Pemakaian lensa kontak atau kacamata yang tak sesuai dengan penglihatan dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala parah. Jika kacamata tak lagi terasa tepat, mungkin ini saatnya memeriksakan diri ke dokter mata, meskipun belum setahun dari kunjungan terakhir.

Pilih lensa berkualitas.
Tidak semua lensa kontak berkualitas sama. Hati-hati sebab lensa yang tak berkualitas berisiko merusak kesehatan mata. Kenali lensa kontak dengan banyak membaca dan bertanya soal lensa kontak.

Selalu pakai sunglasses saat matahari terik.
Sebab sinar ultraviolet dapat merusak mata. Namun, sunglasses yang baik dapat mencegah terjadinya kerusakan ini. Ketika membeli sunglasses, pastikan bahwa kacamata hitam itu memblok paling tidak 98 persen radiasi ultraviolet. Juga pastikan agar seluruh mata Anda tertutup oleh kacamata.

Pilih makanan yang baik untuk mata.
Pada dasarnya tak ada makanan yang berakibat buruk untuk kesehatan mata. Sebaliknya, banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin yang masuk dalam kategori antioksidan dapat mencegah atau memperlambat degenerasi makular dan pembentukan katarak. Pola makan sehat ini tak akan memperbaiki penglihatan Anda, tetapi dapat memperlambat proses terjadinya penyakit atau mencegahnya.

Beri penerangan yang baik ketika membaca atau berkomputer.
Sudah diketahui secara luas bahwa membaca atau bekerja di ruangan dengan penerangan yang buruk dapat menyebabkan buruk pula terhadapn kesehatan mata. Namun, lampu yang terlalu terang juga menyebabkan kerusakan mata.

Istirahatkan mata.
Komputer pada dasarnya tak baik untuk kesehatan mata. Banyak orang mengalami ketidaknyamanan mata setelah menatap layar komputer seharian. Penyebabnya karena mata berkedip 25 persen lebih sedikit, sehingga mata jadi kering. Solusinya adalah menutup mata selama lima hitungan untuk beristirahat. Cara lain adalah menatap objek yang jauh sesering mungkin.

Pakai lensa kontak sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan.
Jika Anda memakai lensa kontak, jangan abaikan kebersihannya. Bersihkan lensa sesuai yang disarankan. Lensa sekali pakai harus diganti setiap hari. Demikian juga dengan lensa yang harus diganti dua minggu sekali. Jangan coba-coba menghemat uang dengan memakai lensa lebih panjang dari waktu yang disarankan. Protein akan terkumpul di lensa, sehingga lensa menjadi keruh. Hal lain, semakin lama lensa dipakai, semakin tinggi risiko mata terkena infeksi. Jangan pula memakai lensa dari pukul 6 hingga tengah malam. Banyak lensa tidak dirancang dipakai lebih dari 12 jam.
kesehatan mata
lensa kontak warna berkualitas.
Memakai lensa kontak yang mengubah warna mata memang gaya dan asyik. Ingat, pilihlah lensa kontak yang berkualitas sebab lensa yang tidak berkualitas dapat membahayakan kesehatan mata Anda.

Komentar Seputar Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan Lainnya:close