Kanker terjadi ketika sebuah sel mulai tumbuh di luar kendali. Biasanya, sel-sel mengikuti siklus petumbuhan yang sama, pembelahan sel, dan akhirnya kematian. Ketika kita masih dalam pertumbuhan, pertama sebagai bayi di dalam ibu kita dan dilanjutkan ketika balita dan anak-anak, sel-sel kita tumbuh dan membelah dengan cepat. Hasil akhirnya adalah diferensiasi—itulah yang menyebabkan sebuah sel darah merah dapat membawa oksigen, sebuah sel usus dapat menyerap makanan, dan sebuah sel indung telur dapat menghasilkan hormon untuk membuat telur. Bila sel-sel mengalami cedera atau menjadi terlalu tua,sel-sel itu mengalami proses yang disebut apoptosis, atau kematian sel yang sudah di program. Inilah yang membuat kita tetap sehat dan semua organ kita bekerja denga normal.

Bila sebuah sel mengalami perubahan dalam unit penyusunnya, yang disebut DNA, sel ini dapat keluar dtahapan kanker ususari siklus hidup yang diatur secara ketat ini. Perubahan DNA ini, juga disebut mutasi, dapat membuat sel-sel terus tumbuh dan mengalami pembelahan diri. Sel-sel itu tidak lagi member respons terhadap sinyal yang dikirimkan badan anda untuk menghentikan pembelahan diri, dan proses dari pembelahan sel yang tidak terkendali ini menghasilkan masa sel dari satu jenis, disebut dengan tumor. Bila sebuah sel tumor terlepas dari tempat asalnya, sel itu dapat terbawa oleh aliran darah dan sampai ditempat lain dari badan seseorang yang jauh letak nya ( dalam paru-paru, misalnya) dan mulai tumbuh disana; keadaan ini menurut definisi disebut metastatic. Dua ciri ini (pertumbuhan sel tidak terkendali dan kemampuan untuk mengalami metastatik) menetapkan kanker.

Kadang sel menjadi abnormal dan membelah tanpa control atau aturan, atau gagal mati di waktu seharusnya. Jika sel membelah ketika sel baru tidak dibutuhkan, sel akan membentuk terlalu banyak jaringan, masa atau gumpalan jaringan ekstra ini disebut tumor, bisa jinak atau ganas. Tumor jinak bukanlah kanker, sel dalam tumor jinak tidak menyerang jaingan lain dalam tubuh. Tumor ganas adalah kanker. Sel kanker tumbuh dan membelah di luar kontrol; sel tersebut menjadi tak terdefinisi, yang berarti kehilangan ciri pembeda dari jaringan asal. Mereka dapat menyerang dengan merusak jaringan dan organ sekitar. Sel kanker juga dapat lepas dari tumor ganas dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik.

Kanker umumnya memiliki dua bentuk; karsinoma, yang terbentuk di sel permukaan (atau epithelial) jaringan yang berbeda, dan sarkoma, yang terbentuk dijaringan konektif. Contohnya kanker payudara adalah karsinoma.

Apa Yang Bukan Kanker

Di sini kita perlu menggariskan bahwa kanker bukan sesuatu yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, seperti virus bakteri; kanker bukan penyakit menular. Anda tidak mungkin tertular kanker dari orang lain, anda juga tidak dapat menularkan kepada orang lain hanya melakukan kontak dengannya, bahkan kontak erat. Banyak faktor yang menyebabkan pertumbuhan kanker.

Hal yang paling penting, kanker bukan secara otomatis berarti vonis hukuman mati, itu adalah reaksi banyak penderita kanker karena, selama beberapa dekade, profesi medis belum menemukan pengobatan yang efektif bagi sebagian besar jenis kanker,dan ketakutan yang besar serta stigma yang melekat terhadap penyakit kanker. Untunglah, metode pengobatan tradisional Ny. Djamilah Najmuddin mempunyai langkah-langkah dalam menyembuhkan penyakit kanker ini, walaupun kanker masih merupakan penyakit yang menakutkan, banyak orang berhasil selamat dari cengkeramannya hingga sembuh total.

gambar kanker lambung

gambar kanker lambung

Bagaimana kanker menyebar

Kanker dapat menyebar dengan tiga cara: dengan menjalar ke jaringan di sektarnya; dengan menyebar lewat aliran darah, proses ini disebut penyebaran lewat darah; “sistem pembersih” dalam badan, dalam proses yang disebut  penyebaran lewat getah bening.

Perlu ditegaskan kembali bahwa penyakit kanker tidak menular. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang meningkatkan risik berkembangnya kanker. Bagaimana dengan kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV)? Penularan virus HPV dapat terjadi lewat kontak seksual dengan pihak yang mengidap virus HPV tersebut, penularan hanya sebatas virus saja bukan sel-sel kankernya. Demikian artikel singkat perkenalan tentang kanker ini kami sajikan, semoga bermanfaat. (Dari berbagai sumber).

Satu Komentar

  1. 5-28-2013

    Sangat bermanfaat pa postingannya , saya jadi tahu jenis jenis kanker , terimakasih pa , atas postingannya sangat membantu

Komentar Seputar Apa Itu Kanker

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Artikel Kesehatan Lainnya:close